3.966 Warga Rembang Ikuti Program 1 Juta Vaksin

Rembang – Sebanyak 3.966 warga sudah mengikuti vaksinasi sebagai bagian dari program 1 juta vaksinasi Kementerian Agama bekerja sama dengan pemerintah setempat.

Data ini diungkapkan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang, M. Fatah, Selasa (12/4/2021). Fatah mengatakan, warga tersebut merupakan jemaah salat tarawih di 15 wilayah KUA se-kabupaten Rembang.

“Data tersebut kami himpun dari 15 KUA yang ada di Kabupaten Rembang. Mereka mengikuti vaksinasi di masjid setempat mulai 4 April 2022 hingga Senin malam (11/4/2022),” kata Fatah.

Fatah mengatakan, program ini sebagai tindak lanjut dari program 1 juta vaksinasi Kementerian Agama yang digelar bekerja sama dengan pemerintah setempat, Dinas Kesehatan (Puskesmas), Kepolisian setempat dan Koramil setempat.

“Kegiatan ini digelar berkat sinergi antara Kemenag, Dinkes (Puskesmas), Polsek dan Koramil setempat,” ucap Fatah.

Fatah menyampaikan terima kasih kepada KUA dan Penyuluh Agama Islam yang telah mendampingi pelaksanaan vaksinasi ini. Sebelumnya, pihaknya meminta kepada Kepala KUA dan Penyuluh Agama Islam untuk mengimbau kepada takmir masjid dan masyarakat sekitar agar mengikuti vaksinasi ini.

“Kami minta para Kepala KUA dan Penyuluh untuk memberikan edukasi kepada takmir masjid dan warga sekitar agar mau mengikuti vaksinasi ini. Hal ini sebagai ikhtiar menjaga kesehatan menjelang Idul Fitri. Agar ketika mereka mudik merasa aman,” ujar Fatah.

Kepala KUA Kecamatan Sulang, Suyatman mengatakan, pihaknya sudah menggelar vaksinasi di 21 masjid di desa-desa, dengan melibatkan para Penyuluh Agama Islam. “Alhamdulillah respon masyarakat luas biasa. Total ada 1.293 warga yang sudah divaksin sejak 6 April 2022,” kata Suyatman.

Sementara pada Rabu (13/4/2022) direncanakan diadakan vaksinasi kepada para santri di Ponpes Al-Hidayat, Lasem, Rembang. Vaksinasi yang diadakan bekerja sama dengan Puskesmas Lasem ini adalah vaksin dosis 2 dan vaksin booster. “Besok akan dimulai pukul 14.00 WIB sampai selesai,” kata Kasi PD Pontren Kemenag Rembang, Hanik Khuriana. — iq/rf