Home Visit, Bentuk Dukungan Tingkatkan Kedisiplinan Siswa

Rembang – Guru Bimbingan Konseling (BK) memiliki peran penting dalam madrasah. Guru BK menjadi seorang konsultan sekaligus orang tua siswa di Madrasah.

Salah satu program guru BK adalah home visit. Home visit adalah suatu layanan yang dilakukan guru BK dengan mengunjungi orang tua atau tempat tinggal siswa untuk mengetahui keadaan siswa di rumah dan mencari berbagai informasi atau data guna memudahkan guru BK dalam mengentaskan masalah siswa.

Tugas guru BK ini dilakukan oleh Abdul Qodir dan Umi Zakiyah dari MTsN 4 Rembang. Mereka melakukan home visit kepada salah satu siswa kelas 8, sebut saja Andi, yang berlokasi di Desa Tegalarum RT 04 RW 01 Jaken Pati pada Senin (25/4/2022).

Qodir mengatakan, home visit ini dilakukan mengingat siswa tersebut sering indisipliner terkait kehadiran di kelas. “Home visit ini bermanfaat untuk membantu siswa atau individu yang menjadi tanggung jawab konselor dalam memberikan pelayanan dan, memantau perkembangan siswa  serta memastikan siswa berperilaku baik,” ungkap Qodir

Selain itu home visit bertujuan untuk membangun komunikasi, silaturahmi antara guru BK, orang tua atau wali murid siswa serta siswa itu sendiri.

Qodir menambahkan jika masalah yang dialami siswa, diketahui oleh guru BK sejak dini, maka tentulah Kami segera mengambil tindakan untuk membantu mengentaskan masalah yang dihadapi oleh siswa.

Kedatangan Guru BK MTs Negeri 4 Rembang ditemui oleh orang tua dan siswa yang bersangkutan dengan baik. “Kami datang untuk bersilaturahmi dan orang  menyampaikan informasi kepada orang tua serta memberikan solusi,” kata Qodir.

Wali murid siswa mengucapkan terima kasih atas kunjungan dan pemecahan problematika putranya.

“Kami berharap semua baik-baik saja  tetap tenang dan bersemangat dalam belajar,” pungkas Qodir.

(Dwiqzqy/iq/rf)