Kakankemenag Salatiga Pantau Pelaksanaan Gerakan Sejuta Vaksin Booster di Sejumlah Pondok Pesantren

Salatiga — Menindaklanjuti Instruksi dari Menteri Agama RI perihal Gerakan Sejuta Vaksin Booster Tahun 2022 untuk Lembaga Pendidikan Keagamaan, Pondok Pesantren dan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) maka Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga, hari ini Rabu, (13/4/22) bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Salatiga menggelar vaksinasi booster untuk santri dan masyarakat sekitar Pondok Pesantren Tarbiyatul Islam Al Falah Kota Salatiga di Pondok Pesantren Al Falah Salatiga.

Tampak hadir dalam pemantauan pelaksanaan vaksin  Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga, H. Taufiqur Rahman, Kepala DKK Kota Salatiga, Hj. Siti Zuraida, Kasubag TU, H. Nurcholis, Kasi Pakis, H. Sholeh Mubin, Kepala KUA Kecamatan Tingkir, H. Imam Talmisani, Ketua Pokjaluh, H. Mudatsir, Humas dan Tim Kreatif Kantor  Kemenag Kota Salatiga.

Di sela-sela pemantauan Kepala Kamenag Kota Salatiga, H. Taufiqur Rahman mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan vaksin booster sebagai bagian dari pelaksanaan gerakan sejuta juta vaksin booster di 10 Provinsi se Indonesia diantaranya Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah dengan sasaran lembaga pendidikan keagamaan, pondok pesantren dan organisasi kemasyarakatan (Ormas).

“Untuk memberikan vaksin booster di 10 Provinsi se Indonesia  dalam rangka mudik lebaran dengan harapan untuk memberikan imun  kepada para santri ataupun masyarakat yang berasal dari lembaga Pondok  Pesantren, Ormas Keagamaan dan Tempat Ibadah,” tutur Taufiq.

Ditambahkan oleh Taufiq untuk Kota Salatiga hari ini sasaran vaksin booster di gerai  Pondok Pesantren Al Falah dengan  jumlah santri yang di vaksin 100 orang dan di Pondok Pesantren Argo Nur El Falah Salatiga dengan sasaran santri yang divaksin 100 orang. Sedangkan untuk hari Jumat. 15 April 2022 di Majelis Taklim Al Ikhlas Ledok dengan jumlah sasaran 100 orang, Untuk hari Sabtu, 16 April 2022 di Masjid Al Burhan Soka dengan jumlah sasaran 100 orang dan untuk hari Selasa tanggal 19 April 2022 di gerai GKJ Eklesia dan gereja GKJ Salatiga tanggal 26 April 2022.

Lebih lanjut Taufiq berharap vaksinasi booster ini untuk bisa dimanfaatkan dengan baik karena ini program yang baik bagi masyarakat untuk melakukan vaksinasi.

Selanjutnya Kepala Dinas Kesehatan Kota Salatiga, Siti Zuraida menyampaikan himbauan kepada masyarakat terhadap vaksin jangan terlalu panik karena,v aksin ini aman dan  sudah melalui uji coba, sehingga tujuannya untuk membentuk kekebalan tubuh..

“”Program vaksinasi ini merupakan bagian penting menuju “herd immunity” untuk mengalahkan virus. Saya mengajak kepada seluruh masyarakat  untuk bersama-sama menyukseskan program vaksinasi ini secara proaktif dan membantu memberikan pencerahan kepada masyarakat,” tegas Siti Zuraida.

Zuraida sangat mengapresiasi Pelaksanaan vaksinasi booster untuk santri Pondok Pesantren ini karena vaksinasi booster bagi santri Pondok Pesantren di lingkungan Kemenag kota Salatiga merupakan upaya bersama mengalahkan wabah Covid-19 yang hingga sekarang belum usai. 

“Melalui program vaksinasi massal tahap tiga di lingkungan santri Pondok Pesantren dilingkungan Kementerian Agama ini diharapkan menjadi momentum  dan ikhtiar kita bersama untuk meningkatkan  kesehatan masyarakat.” jelasnya.

Pantauan Humas, sejak pukul 08.00 WIB para santri sudah siap untuk di vaksin dengan tetap mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker dan menjaga jarak dan mereka dilayani oleh puluhan tenaga medis dari Puskesmas Kalicacing sehingga Tidak tampak ada antrian panjang, usai mendaftar mereka langsung mendapat vaksinasi boster.(Humas_Khusnul-Fitri/Sua).