Kakankemenag Salatiga Tandatangani MOU Pelayanan Kerohanian Dengan RSIA Hermina Salatiga

Salatiga — Salah satu tugas Kementerian Agama adalah  memberikan pelayanan dan bimbingan kepada semua umat beragama sesuai dengan  keyakinannya  masing -masing, dengan menjalin kerja sama dalam bidang penyuluhan keagamaan bagi masyarakat dan para pasien di rumah sakit. Demikian sambutan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga, H.Taufiqur Rahman pada giat Penandatangan MOU  Rumah Sakit Ibu dan Anak Hermina Mutiara Bunda Salatiga dengan Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga, Jum’at, (1/4/22) di Aula Kantor Kemenag Kota Salatiga.

Nota Kesepahaman atau Memorandum Of Undrstanding (MOU) antar dua lembaga itu perihal Pelayanan Kerohanian bagi Pasien Rumah sakit Ibu dan Anak Hermina Mutiara Bunda Salatiga yang tertuang dalam nomor surat 008/PKS/RSIAHMBS/III/2022 dan Nomor : 1030/KK/11.32/1/HM.00/03/2022.

Tampak hadir Kepala Kemenag Kota Salatiga, H. Taufiqur Rahman, Kasubag TU, H. Nurcholis, Direktur RSIA Hermina Mutiara Bunda Salatiga, dr. Ari Ramuningsih, Humas, Penyelenggara Kristen dan sejumlah Penyuluh Lintas Agama di lingkungan Kantor Kemenag kota Salatiga.

“Kerja  sama  dua  lembaga  ini adalah  sangat penting  untuk  menjaga  legalitas pelayanan bimbingan yang dilakukan, sehingga  bimbingan  yang diperoleh  para pasien  adalah  dari lembaga  dan utusan resmi Pemerintah,” kata Taufiq.

Lebih lanjut Taufiq menyampaikan bahwa penyuluh yang ada di Kemenag kota Salatiga ada dari berbagai agama yang ada di Indonesia, diantaranya ada Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha dan Konghucu, Untuk melayani bidang penyuluhan keagamaan bagi pasien di rumah Sakit Hermina Salatiga.

“Saya berharap, mudah –mudahan adanya kerja sama ini, antara Kemenag kota Salatiga dan RS Hermina,  bisa membantu dalam layanan konseling, siraman rohani tausiyah bagi pasien di RSIA Hermina Mutiara Bunda Salatiga khususnya dan masyarakat pada umumnya,” Imbuh Taufiq.

Kakankemenag berharap kerjasama ini tidak hanya dalam bentuk penyuluhan rohani saja tetapi kedepannya bisa menjadi mitra dalam pelayanan BPJS Kesehatan bagi ASN Kemenag kota Salatiga.

Sebelumnya Direktur RS Hermina Salatiga, dr. Rumaningsih mengatakan bahwa kerjasama ini sangat bermafaat dan sangat membantu kedua lembaga.

”Alhamdulillah, kami mewakili pihak rumah sakit Hermina Salatiga mengucapkan banyak terima kasih dan bersyukur atas support dan kerja sama dari Kemenag,” kata Ari.(Humas_Khusnul-Fitri/Sua)