Kasnawi: Orang yang Berpuasa Mendapat Dua Kebahagiaan

MAN 2 Rembang — Ada dua nilai spiritual kebahagiaan orang yang berpuasa. Pertama, kebahagiaan ketika berbuka puasa. Kedua, kebahagiaan ketika bertemu dengan Tuhannya.

Hal tersebut disampaian oleh Kepala MAN 2 Rembang H. Kasnawi saat memberikan sambutan dalam kegiatan buka bersama yang diselenggarakan oleh OSIS MAN 2 Rembang dan  pramuka bertempat di mushola madrasah, Rabu (27/4/2022) kemarin.

Kasnawi menambahkan, orang yang berbuka puasa akan bergembira karena rasa lapar dan haus yang dirasakan sepanjang hari hilang saat berbuka. Selain itu dengan berpuasa akan mendapat keberuntungan berjumpa dengan Allah SWT. Bahkan di surga ada pintu namanya Ar-Rayyan, yang merupakan jalur khusus pintu bagi orang-orang yang berpuasa.

Menurutnya janji Allah tidak pernah diingkari. Ramadan merupakan urusan Allah. Allah akan memberikan balasan pahala yang berlipat ganda atas apa yang kita lakukan di bulan suci ini seperti puasa, shalat, shodaqoh, membaca al-Qur’an, kajian kitab.

“Termasuk apa yang telah dilakukan anak-anak OSIS dan pramuka selama Ramadan ini, seperti kepedulian sosial (berbagi takjil), bingkisan bagi siswa yang kurang mampu. Semoga itu semua tercatat pahala,” pungkas Kasnawi.

Hadir dalam kesempatan tersebut, para pembina OSIS-pramuka, humas bidang keagamaan, serta perwakilan dewan guru.

Sementara itu pembina OSIS MAN 2 Rembang Rofiun mengatakan kegiatan buka bersama ini diawali dengan Khotmil Qur’an 30 juz. Untuk memperoleh keberkahan sekaligus menutup kegiatan kajian kitab yang diikuti oleh seluruh siswa selama Ramadan.

“Selain itu kita juga ada pembagian hadiah dan penghargaan bagi siswa pemenang lomba Da’i dan Fashion Show yang telah dilaksanakan hari Sabtu kemarin,” ujar Rofiun. – huda/iq/rf