Kemenag Dorong Pelaksanaan 1 juta Vaksin Booster bagi Pemudik

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang menindaklanjuti upaya pemerintah dalam percepatan vaksin covid-19 di Kabupaten Rembang. Kemenag Rembang memerintah KUA Kecamatan untuk segera berkoordinasi dengan Puskesmas setempat terkait hal ini.

Langkah ini dilakukan oleh Kemenag Rembang usai mengikuti rapat koordinasi virtual dengan Kakanwil Provinsi Jawa Tengah pada Jumat (8/4/2022) dari aula PLHUT Kemenag Rembang.

Kasi Bimas Islam Kemenag Rembang, Ali Muhyidin mengatakan, sebagai upaya percepatan vaksinasi covid-19 di kabupaten rembang, Kemenag Rembang  telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang dan telah disepakati, Dinas kesehatan melalui Puskesmas di Kecamatan masing-masing akan membuka layanan (gerai) vaksinasi, salah satunya di masjid dalam kegiatan sholat tarawih selama bulan Ramadhan.

Untuk mendukung program tersebu, Penyuluh Agama Islam dibawah koordinasi Kepala KUA agar melakukan koordinasi dengan puskesmas setempat. “Kami minta penyuluh juga melakukan koordinasi dengan atakmir masjid terkait masjid yang akan ditempati sebagai gerai vaksinasi tersebut,” kata Ali.

Ali mengatakan, kegiatan ini juga kita lakukan dalam mendukung program sejuta vaksinasi booster untuk pemudik. Program ini merupakan program penting Kemenag dan Kemenkes di bulan Ramadhan.

Sebelumnya, pada rakor percepatan vaksin, Kakanwil  Kemenag Jateng, Mustain Ahmad meminta Kemenag Kabupaten/Kota untuk menyukseskan 1 juta vaksin booster untuk pemudik. ”Pendampingan dan pendekatan dengan tokoh-tokoh agama perlu dilakukan,” ujarnya.

Selain di masjid, program ini juga ditujukan kepada santri yang akan mudik menjelang lebaran. — iq/rf