Madrasah Diminta Tingkatkan Prestasi di Kancah Nasional

Rembang – Madrasah di Kabupaten Rembang diminta untuk terus menggali potensi dan bakat, baik guru, siswa maupun karyawan. Hal ini mengingat masih belum tercapainya prestasi yang mampu menembus tingkat nasional, bahkan internasional.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang, M. Fatah pada kegiatan rakor pengurus Kelompok Kerja MI, MTs dan MA Kabuupaten Rembang. Rakor ini digear pada Jumat (22/4/2022) di aula PLHUT Kemenag Rembang.

Fatah meminta Kepala Madrasah untuk mendorong guru dan siswa meningkatkan prestasi. “Menurut saya, madrasah di Rembang masih sedikit yang memperoleh prestasi nasional. Melalui KKM ini, para Kepala Madrasah didorong untuk meningkatkan prestasi di madrasah masing-masing,” kata Fatah.

Fatah juga meminta pengelolaan madrasah di Rembang agar lebih ditata. Menurutnya, pendirian madrasah bukan hanya sekadar memenuhi kebutuhan masyarakat untuk menuntut ilmu. Namun juga bagaimana mengelola kualitas madrasah, secara manajemen dan SDM.

Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Rembang, Sya’dullah mengatakan, peningkatkan mutu madrasah bisa dicapai dengan melaksanakan program Sahabat Madrasah.

Dikatakan Sya’dullah, sahabat madrasah adalah program kemitraan antar madrasah. Melalui program ini, madrasah yang sudah maju (pemitra) membimbing madrasah lainnya yang belum maju (mitra).

“Tujuan sahabat madrasah ini adalah agar madrasah bisa maju bersama. Hingga madrasah yang dibina bisa mandiri,” ujar Sya’dullah. – iq/rf