MTsN 5 Rembang Ikut Berpartisipasi Dongkrak Prestasi PISA 2022

MTsN 5 RembangProgramme for International Student Asessment (PISA) akan kembali digelar tahun ini. MTs Negeri 5 Rembang merupakan salah satu madrasah terpilih. Pembekalan Persiapan Pelaksanaan PISA tahun 2022 yang dilaksanakan oleh Subdit Kurikulum dan Evaluasi Direktorat KSKK Madrasah. Giat ini melibatkan 213 guru dari 71 madrasah terpilih di seluruh Indonesia. Acara berlangsung di Bandung selama tiga hari, yakni 30 Maret – 1 April 2022.

Dalam kegiatan ini, MTs Negeri 5 Rembang Menugaskan 3 guru, yaitu Miftahul Huda, Zeni Bangun Setyawan dan Zumrotul Arifah.

H Warsan selaku Kepala MTsN 5 Rembang merasa sangat bersyukur atas anugerah yang di berikan kepada MTs Negeri 5 Rembang ini. “Kami berharap madrasah ini dapat mengoptimalkan dan mempersiapkan untuk berkontribusi pada peningkatan mutu capaian PISA Indonesia di mata dunia,” tegas Warsan

PISA adalah sebuah pengukuran kompetensi Literasi, Numerasi, dan Sains pada siswa sekolah/madrasah yang dilakukan setiap empat tahun kepada siswa berusia 15 tahun. Pengukuran kompetensi berskala internasional ini dilakukan oleh negara-negara yang tergabung dalam OECD (Organisation for Economic Co-operation and Development) atau negara kerja sama pembangunan ekonomi.

Hasil PISA tahun 2018, tingkat kompetensi literasi siswa Indonesia masih berada pada peringkat 74 untuk literasi membaca, 73 untuk literasi numerasi, dan 71 untuk literasi sains dari 79 negara peserta PISA. Kegiatan ini dilakukan dengan melibatkan P4TK Bahasa Jakarta, P4TK IPA Bandung, dan P4TK Matematika Yogjakarta._Habibie/iq/rf