Penyuluh Sampaikan Pentingnya Hormati Guru dan Ortu

Pamotan – Sekolah merupakan institusi pendidikan yang bertujuan mencerdaskan bangsa dan membentuk karakter yang unggul. Di sekolah, kita hidup bedampingan dengan teman-teman dan juga guru. Sedangkan di rumah kita hidup berdampingan dengan Ayah Ibu adik kakak dan keluarga lainnya.

Hal itu dikemukakan oleh Penyuluh Agama Islam Sri Setyaningsih, dalam acara Semarak Ramadhan Penyuluh KUA Pamotan Road To School di SD N 5 Pamotan pada Rabu (6/42022).

Menurutnya, efektivitas proses pembelajaran di sekolahan tidak lepas dari pentingnya rasa hormat seorang siswa terhadap gurunya. Begitu pun di rumah. Pentingnya rasa hormat seorang anak kepada orang tuanya.

“Sehingga dari rasa hormat tersebut akan muncul bentuk akhlakul karimah, baik ketika ada di sekolahan maupun di rumah,” lanjutnya.

Sebagai seorang siswa, perlu untuk mematuhi tata tertib sekolah agar terjadi suasana kondusif dalam pembelajaran. Begitupun ketika di rumah, seorang anak perlu untuk mematuhi perkataan orang tua.

“Islam mengharuskan, agar kita senantiasa menghormati kedua orang tua dan juga guru kita, dan itulah yang disebut dengan akhlakul karimah,” pungkasnya.

Para peserta yang sebagian besar siswa SDN 5 Pamotan ini menyimak penyuluhan dari Setyaningsih dengan serius. Harapannya, para siswa akan lebih bisa menghormati guru dan ortu, agar ilmu yang diperoleh semakin berkah. (lb/sn/iq/rf)