Penyuluh Sampaikan Sikap Meneladani Para Khalifah

KUA Gunem– Penyuluh Agama Islam KUA Gunem, Nur Salam menyampaikan materi tentang cara sikap meneladani para khalifah kepada anak-anak pesantren kilat SDN 1 Gunem, Senin (11/04/22).

Nur Salam menceritakan kisah Islami dari Kitab Sirah Nabawiyah yaitu empat para khalifah setelah masa kepemimpinan Rasulullah SAW. Yaitu Abu Bakar, Umar bin Khattab, Ustman bin Affan, dan Ali bin Abi Thalib.

“Ada beberapa sikap yang perlu ditanamkan dalam diri seorang siswa yaitu amanah, fathanah, siddiq, dan Tabligh,” tuturnya.

Selain itu, Nur Salam mengungkapkan hal yang tidak kalah penting yaitu yang pertama, kesederhanaan para khalifah dalam berbicara, berpaikan, life skill dan lain-lain.

Yang kedua, kedermawanannya, artinya mempunyai sikap bermurah hati atau sikap suka memberi kepada sesama.

Yang ketiga, semangat dalam belajar ilmu agama yang utama, serta ilmu pendukung yang lain. Karena ilmu agama adalah fondasi kehidupan.

Yang terakhir, tahan dalam menghadapi ujian dan cobaan. Karena pada dasarnya, manusia akan mendapat cobaan, ujian dan musibah dlm berbagai hal. Untuk itu, tetap sabar dan tabah dalam menghadapinya.

‚ÄúSangat penting meneladani sikap para khalifah dalam hal apapun, terutama dalam hal kepemimpinan,” imbuhnya

Para peserta sangat antusias mendengarkan dan serius menyimak. Harapannya, para siswa mampu meneladani sikap para khalifah tersebut dengan baik dan menjadi bekal untuk kehidupan ke depannya” . (Ida/iq/rf)