Penyuluh Sedan Turut Gencarkan Gerakan Vaksinasi di Masjid

Sedan – KUA Sedan melakukan pendampingan program Vaksinasi Ramadhan perdana di Kecamatan Sedan pada Sabtu (9/4/2022). Program ini dilaksanakan di 4 masjid kecamatan Sedan tepatnya di Masjid Syatho’, Masjid Al-Munsyarif, Masjid Baitussalam dan Masjid Al-Fallachin.

Penyuluh agama Islam kecamatan Sedan beserta anggota Forum Komunikasi Kecamatan (forkompincam) bekerja sama menyukseskan acara yang digelar sehabis tarawih.

Turut hadir memantau lokasi Camat Sedan, Sutarwi. Ia mengatakan, program ini merupakan program pemerintah untuk menyukseskan vaksinasi dosis 1 dan 2 maupun booster. Jadwal vaksinasi keliling masjid ini akan berlangsung sampai tanggal 28 April 2022 sesuai dengan jadwal yang akan ditetapkan bersama dengan pihak Puskesmas Sedan.

“Selain itu pemerintah juga telah menyiapkan sejumlah doorprize untuk masyarakat yang mengikuti vaksin dan akan diundi pada 28 April 2022,” kata Sutarwi.

Karim selaku pantia gugus tugas covid 19 menyatakan bahwa persyaratan mudik tahun ini salah satunya adalah vaksin booster sehingga program vaksinasi di masjid ini sebagai upaya untuk mempermudah dan memotivasi masyarakat sekitar. Mengacu pada Fatwa MUI no 13 tahun 2021 pemberian vaksin dapat dilakukan tanpa membatalkanpuasa.

“Total masyarakat yang mengikuti vaksin pada malam ini sebanyak 324 dosis. Masjid Al-Munsyarif Karas sebanyak 51 dosis, Masjid Al Falahin Karas 50 orang, Masjid Baitussalam 60 dosis serta Masjid Syatho’ sebanyak 163 dosis,” tandasnya.

Nasuha sebagai salah satu peserta program ini mengaku sangat terbantu dengan adanya vaksinasi di masjid. Selain itu juga berkesempatan mendapatkan doorprize dari pemerintah. Harapannya semoga pemerintah tidak mempersulit program vaksinasi di desa masing-masing. – ismu/iq/rf