Podcast Ramadan, Syafii Sampaikan Amalan Berpahala seperti Puasa

Rembang – Puasa, salat, sedekah dan jihad tak hanya dimaknai secara fisik. Namun secara ruh, memiliki makna tersendiri. Hal ini disampaikan oleh Penyuluh Agama ustadz Ahmad Syafii dalam podcast Ramadan pada Selasa (12/4/2022).

Acara podcast ini digelar secara live streaming di kanal Youtube Kemenag Rembang news. Syafii menjabarkan arti keempat ibadah tersebut berdasarkan kajian kitab Nashoihul Ibad. “Jadi ada amalan-amalan yang memiliki pahal seperti puasa, salat, sedekah dan jihad. Sehingga saya sebut di sini, puasa tapi makan, sedekah tanpa uang dan jihad tanpa pedang,” kata Syafii.

Adapun amalan yang memiliki pahal seperti puasa contohnya adalah tidak berbuat kebathilan. ”Seseorang yang meninggalkan kebathilan karena Allah adalah  ibarat puasa (pahalanya seperti puasa),” kata Syafii.

Sementara ada pula amalan lain yang memiliki pahal seperti sholat. Yaitu menjaga anggota badan dari keharaman. “Orang yang menjaga anggota badannya dari keharaman pahalanya seperti ibadah sholat,” lanjut Syafii.

Berbicara tentang sedekah, tidak melulu harus mengeluarkan harta. Sebab ada amalan yang pahalanya seperti sedekah. “Putus asa dari makhluk Allah dalam artian tidak berharap kepada makhluk Allah itu ibarat sedekah,” lanjut Syafii.

Atas ini, Syafii mengimbau manusia untuk tidak berbuat sesuatu karena manusia. Namun segala amal diniatkan karena Allah. Yang demikian berpahala seperti sedekah.

Terakhir, Syafii menyebutkan amalan-amalan yang  berpahala seperti jihad. “Contoh yang sangat ringan adalah tidak menyakiti hati orang lain dengan tujuan untuk menciptakan hubungan yang baik dengan sesama. Itu pahalanya seperti jihad. Sehingga saya sebut jihad tidak harus dengan pedang,” kata Syafii.  — iq/rf