Sains Fisika MAN 2 Rembang Siap Menuju KSN 2022

MAN 2 Rembang – Kompetisi Sains Nasional (KSN) tidak lama lagi akan digelar. Gelaran ini merupakan ajang kompetisi berbengsi yang diikuti siswa siswi terbaik dari seluruh Indonesia. Ajang yang sebelumnya bernama Olimpiade Sains Nasional atau OSN ini diselenggarakan secara bertahap.

MAN 2 Rembang sudah mulai menyongsong pagelaran tersebut dengan berbagai persiapan yang matang. Program bimbingan sudah dimulai sejak awal tahun untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Salah satunya bidang Fisika.

Pembimbing sains Fisika, Meylina Arisnaini mengatakan, ada delapan siswa yang ikut bimbingan fisika dari kelas X dan XI. Dari delapan tersebut rencananya lima siswa yang akan diikutkan KSN tahun ini.

“Untuk seleksinya, saya ambil siswa yang kemarin mendapat juara Olimpiade Fisika tingkat madrasah. Kriteria lainnya rajin ikut bimbingan dan nilai raport matematika, fisika, dan bahasa Inggris diatas 80,” jelasnya saat diwawancarai, Senin (11/4/2022) kemarin.

Meylina menambahkan, bimbingan dimulai sejak Januari 2022 dan sudah berjalan delapan kali. Dari Januari sampai Februari digunakan untuk penjelasan materi dasar kelas X, XI, dan XII. Sementara mulai Maret sampai sekarang fokus untuk latihan soal-soal KSN. Waktu bimbingan dilakukan pada hari Sabtu. Dari lima siswa tersebut dua orang yang sampai saat ini cukup aktif bertanya jika ada kesulitan.

“Sementara tiga anak lainnya mengalir saja karena mereka juga harus setoran hafalan Al-Quran. Semoga anak-anak mendapatkan hasil yang baik dalam seleksi tingkat kabupaten dan berharap setidaknya ada dua siswa yang lolos ke tingkat provinsi,” pungkas Meylina.

Pelaksanaan KSN dilakukan secara berjenjang dimulai dari seleksi tingkat sekolah pada bulan Februari. Kemudian KSN tingkat kabupaten pada Maret, seleksi provinsi bulan AgustusPuncaknya KSN tingkat nasional pada bulan Oktober 2022.

Ada sembilan bidang yang dilombakan yaitu Matematika, Kimia, Fisika, Biologi, Informatika/Komputer, Astronomi, Ekonomi, Geografi, dan Kebumian. – huda/iq/rf