Sambut Ramadan, Ini Empat Pesan Kakankemenag

Rembang – Menjelang  Ramadan 1443 H, Kepala Kankemenag Kabupaten Rembang, Muhammad Fatah menyampaikan empat pesan kepada umat Islam, utamanya di Rembang.

Pertama, Kakankemenag mengimbau kepada umat Islam untuk menyemarakkan Ramadan 1443  H dengan menunaikan salat taraih, tadarus, iktikaf, infak dna juga sedekah. “Mari kita semarakkan Ramadan ini dengan menunaikan salat tarawih, tadarus, ifaq dan sedekah dengan tetap menaati protocol kesehatan,” kata Fatah ketika diwawancara Jumat (1/4/2022).

Kedua, Kakankemenag mengajak para kyai dan ulama untuk menjadi teladan dan mendorong tetap tegaknya protocol Kesehatan sebagai ikhtiar untuk menghentikan Covid-19. “Di masa pandemi ini, kami mengajak masyayikh untuk menjadi  teladan dalam menjaga dan mendorong tetap tegaknya protocol Kesehatan dalam menjalankan ibadah di bulan Ramadan, sebagai ikitar untuk menghentikan covid19,” kata Kakankemenag.

Ketiga, menyikapi kemungkinan adanya perbedaan penentuan awal Ramadan 1443 H, Kakankemenag meminta masyarakat untuk menghargai perbedaan dan mengajak Umat Isam menjaga sikap ukhuwah dan toleransi. “Walaupun berbeda, kami minta masyarakat bisa menjaga kondusivitas, sehingga Ramadan dapat terlaksna dengan  penuh ketakwaan kepada Allah SWT,” kata Kakankemenag.

Keempat, Kakankemenag mengajak umat Islam memanfaatkan kesempatan emas di bulan Ramadan dengan meningkatkan keimanan dan ketakwaan secara individu maupun sosial. “Semoga ibadah kita selalu mendapat bimbingan dan ridlo dari Allah SWT,” pungkasnya. — iq/rf