Sambut Ramadan, MTsN 2 Rembang Gelar Pesantren Kilat

Rembang – Selama bulan suci Ramadhan kegiatan belajar mengajar di MTs Negeri 2 Rembang  berlangsung dari pukul 07.00 sampai pukul 11.00 WIB. Untuk menjaga kekhusukan dalam menjalankan ibadah ramadhan, Muhammad Yunus Anis selaku Kepala MTs Negeri 2 Rembang mengingatkan kepada seluruh jajarannya agar kegiatan selama bulan Ramadhan diisi untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan.

Yunus Anis berharap, pihak madrasah dalam memberikan tugas-tugas pada siswa tetap sesuai format keagamaan selama proses belajar di bulan ramadhan.

Menindaklanjuti hal tersebut,wakil-wakil kepala madrasah telah menyusun beberapa program. Yaitu, pesantren kilat dan pembacaan Asmaul Husna setiap pagi menjelang pembelajaran. Selain itu, tadarus selama 30 menit sebelum pembelajara. Tadarus ini didampingi guru yang mengajar pada jam pertama.

Sugiarto Syahrozy selaku seksi keagamaan mengatakan, sebelumnya telah diumumkan kepada seluruh siswa selama bulan ramadhan  diwajibkan untuk membawa mushaf Alquran atau turutan/iqro’.  Bagi yang belum bisa baca Alquran dan akan dibimbing tersendiri secara  langsung oleh seksi keagamaan. “Kita berharap moment ramadhan ini memberikan nilai tambah pada siswa dalam mempelajari Alquran,” kata Sugiarto,Rabu, (6/4).

Disinggung mengenai aktivitas kelas IX yang telah menyelesaikan Ujian Madrasah, Henry Retno Timur selaku Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum menjelaskan, siswa kelas IX tetap mengikuti aturan untuk bertadarus. Setelah itu siswa bisa menyelesaikan ujian praktek yang belum di jalani.

Menurut Henry siswa yang belum menyelesaikan ujian praktek diserahkan kepada guru mapel masing-masing dengan tetap menghormati dalam menjalankan ibadah puasa. “Untuk ujian  praktek yang mengharuskan fisik seperti olahraga, diserahkan pada guru yang bersangkutan. Pelaksanaan ujian praktek diharapkan tidak memberatkan secara fisik sehingga  ibadah puasa tetap terjaga,” jelas Henry. ( Wient/iq/rf)