Semarak Ramadan, Kemenag Gelar Tadarus

Rembang – Menyambut datangnya bulan suci Ramadan 1443 H, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang menggelar tadarus. Kegiatan ini termasuk rangkaian program Semarak Ramadan 1443 H yang dilaunching awal April 2022 oleh Kakankemenag Kabupaten Rembang.

Kepala Kankemenag Kabupaten Rembang, M. Fatah mengatakan, kegiatan ini dikhususkan untuk ASN Kantor Kemenag Rembang. Tadarus digelar di musala Al-Ikhlas Kemenag Rembang setiap hari jam kerja.

“Mari kita isi Ramadan tahun ini dengan memperbanyak membaca Alquran. Jadwal yang sudah dibentuk agar dilaksanakan sebaik-baiknya hingga menuju khotmil quran nanti,” kata Fatah, Senin (4/4/2022).

Menurut Fatah, tadarus Alquran akan semakin menambah khusyuk suasana Ramadan. Selain itu, setiap membaca satu huruf Alquran akan dilipatgandakan sepuluh kebaikan.

Kepala Seksi Bimas Islam Kemenag Rembang, Ali Muchyidin mengatakan, tadarus akan dilaksanakan setiap hari. “Tadarus dilaksanakan Senin-Jumat mulai pukul 10.30 WIB hingga dhuhur. Kemudian dilanjutkan dengan salat dhuhur berjamaah,” kata Ali.

Setiap satuan kerja telah dijadwalkan mengisi tadarus ini. Masing-masing membaca Alquran sebanyak 2 juz. “Sehingga ditargetkan, 27 April 2022 sudah bisa melaksanakan khotmil quran,” imbuh Ali.

Sebagaimana diberitakan, Kemenag Rembang bekerja sama dengan Pokjaluh dan FKPAI Kabupaten Rembang meluncurkan program Semarak Ramadan 1443 H. Program ini antara lain, Tadarus Alquran, takhtimul quran, Podcast Ramadan, Gerakan Infaq dan santunan Ramadan, Semarak Amal Ramadan oleh Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam (FKPAI) Kabupaten Rembang dan Kelompok Kerja Penyuluh Agama Islam (Pokjaluh) Kemenag Rembang, serta one day one flyer (satu hari satu meme). —iq/rf