Serahkan Sertifikat PPG 2021, Ini Pesan Kakankemenag

Rembang – Kepala Kankemenag Kabupaten Rembang, M. Fatah berharap, 38 guru yang lolos PPG tahun 2021 dapat berkontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan madrasah di Kabupaten Rembang.

Fatah menyampaikan hal itu saat memberikan pembinaan usai menyerahkan sertifikat PPG tahun 2021 kepada 38 guru, pada Jumat (8/4/2022).

Fatah mengatakan, untun mendapatkan sertifikat ini tentu butuh perjuangan yang luar biasa. “Anda termasuk beruntung. Ada yang mengajar 16 tahun belum mendapatkan sertfikasi juga,” kata Fatah.

Karena itu, penerimaan sertifikat ini agar disyukuri dengan meningkatkan profesonalitas sebagai guru. “Anda sudah sah disebut sebagai guru yang profesional,” tandas Fatah.

Profesionalitas tersebut diwujudkan dengan penguasaan empat kompetensi, yaitu pedagodik, sosial, kepribadian dan profesional.

Fatah berpesan, agar mendidik siswa dengan sabar. Menurut Fatah, kelas adalah cerminan dari masyarakat. “Siswa di kelas itu adalah potret dari masyarakat. Semua kalangan berkumpul di situ. Ada yang anaknya pejabat, hingga pedagang pasar. Karakter mereka pun bermacam-macam. Demikian keberagaman masyarakat kita. Harus kita hadapi dengan sabar,” kata pria yang pernah menjadi guru dan Kepala Madrasah ini.

Menurut Fatah pula, guru di masyarakat memiliki kedudukan terhormat. Karena itu, guru harus mampu menjadi teladan bagi masyarakat.

“Terakhir kami berpesan agar 38 guru ini menjadi barisan untuk berkomitmen bersama menjadikan pendidikan di madrasah ke tingkat grafik yang lebih baik,” pungkas Fatah. — iq/rf