Sosialisasi ke SD Diiringi Salawat

MTsN 2 Rembang – Menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan tidak menghalangi aktivitas untuk mendapatkan keberkahan. Seperti yang dilakukan oleh beberapa guru MTs Negeri 2 Rembang di bawah koordinator Toharudin untuk bersilaturahmi ke beberapa SD di wilayah Kecamatan Gunem, Rabu (13/4/2022).

Salah satu SD yang dikunjungi adalah SD Negeri Trembes.  Dengan keahliannya sebagai guru Bahasa dan kepiawaiannya dalam bidang seni, Toharudin mampu “menghipnotis”  seluruh siswa kelas 6 untuk menggerakkan tangannya dengan memukul-mukul meja sehingga menghasilkan suara yang indah bak iringan musik.

Hanya membutuhkan waktu sebentar saja dengan cepat siswa kelas 6 tersebut  dapat mengikuti instruksi Toharudin dalam menghasilkan nada dari bangku yang ditempati masing-masing.  Tidak hanya itu, mereka juga bersholawat bersama dengan iringan nada dari meja yang menghasilkan suara seperti rebana.  Toharudin menyampaikan bahwa ini adalah salah satu kegiatan sosialisasi PPDB yang dikemas dengan mengajak siswa calon peserta didik untuk bersholawat bersama.

Salah satu siswa SD Negeri Trembes menyampaikan ketertarikannya dengan cara yang digunakan oleh guru-guru MTs Negeri 2 Rembang. “Selama ini sekolah-sekolah yang melaksanakan sosialisasi hanya berceramah, bercerita dan kami hanya mendengarkan saja. Tapi kali ini memberikan kesan tersendiri,” katanya.  Ia juga mengakui kalau ternyata sebuah bangku yang dipukul secara beraturan dapat menjadi alat musik yang cukup indah. (Wient/iq/rf)