Terjun Langsung, Yunus Anis Tanamkan Karakter Bersih pada Siswa

Rembang – Kepala MTs Negeri Rembang, Muhammad Yunus Anis  menginginkan agar guru dapat menanamkan karakter bersih di diri para siswa di madrasah.

Hal ini di sampaikan Yunus Anis  saat mendampingi secara langsung guru piket yang bertugas menyambut kedatangan siswa di depan pintu gerbang madrasah Selasa (12/4/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Yunus Anis terlibat langsung bersama siswa yang  terlambat masuk dengan mengajak untuk membersihkan taman madrasah. Yunus Anis mengatakan, peserta didik merupakan insan yang masih dapat dibentuk karakternya, karena itu Kepala Madrasah  harus mengingatkan kepada seluruh guru yang ada di madrasahnya untuk membentuk karakter bersih di diri para siswa.

“Kita tidak harus memberi hukuman pada siswa, tetapi dengan cara seperti ini lambat laun karakter siswa akan terbentuk dengan sendirinya,” kata Yunus Anis saat berada  di tengah-tengah siswa membersihkan taman madrasah.

Bila karakter bersih ini telah tertanam di dirinya, maka siswa akan sadar di mana pun dia berada akan tetap menjaga kebersihan. Bahkan karakter bersih ini dapat ditularkan oleh para siswa kepada keluarga masing-masing. Karena itu Yunus Anis tak segan-segan turun langsung bersama siswa yang terlambat untuk mengambil sampah dan mencabut rumput liar yang tumbuh di taman madrasah.

“Dengan terbentuknya karakter bersih tersebut, akan menjadi kebiasaan sehingga dimana pun berada akan tetap menjaga kebersihan,” harapnya.

“Saya ingin ini menjadi gerakan lisa (lihat sampah ambil) yang harus terus ditularkan kepada seluruh komponen madrasah. Karena di negara maju pun masyarakatnya sudah menyadari bahwa sampah miliknya adalah tanggung jawabnya,” ujar Yunus Anis. – wient/iq/rf