Tingteng Saga Berbagi

Salatiga — Kegiatan berbagi dilaksanakan pada hari Jumat, 22 April 2022 berlokasi di halaman SDN Tingkir Tengah 01. Paket sembako dan makanan ringan dibagikan tiga sasaran, yaitu peserta didik dengan kriteria tertentu, warga sekitar, dan anak-anak panti asuhan. Setelah sembako dibagi kepada beberapa warga sekolah kemudian dilanjutkan pembagian ke beberapa warga sekitar sekolah. Selain sembako, juga dibagikan menu takjil ke Panti Asuhan Yatama yang terletak tidak jauh dari lokasi sekolah.

Paket sembako  bersumber dari peserta yang menyisihkan uang jajan sejak beberapa bulan lalu, dan juga sedekah insidental yang dikeluarkan dengan niatan memuliakan bulan Ramadan yang penuh berkah. Kegiatan ini merupakan tahap pertama yang akan dilanjutkan dengan kegiatan berbagi berikutnya yang akan dirangkai dengan kegiatan Pesantren Ramadan pekan yang akan datang.

Berbagi kepada sesama tak harus menunggu kaya, berbagi kepada sesama tak harus menunggu dewasa. Itulah prinsip yang menjadi motivasi pada kegiatan Ramadan Berbagi SDN Tingkir Tengah 01 Salatiga. Pembiasaan berbagi sejak dini kepada peserta didik perlu diberikan supaya kepekaan empati kepada sesama tumbuh dan selalu terbawa hingga kelak dewasa. Kegiatan berbagi dikembangkan dari muatan kurikulum yang terdapat dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Juga sejalan dengan tujuan pada Kurikulum 2013 bahwa salah satu kompetensi yang harus dimiliki peserta didik yaitu memiliki kompetensi aspek sosial.

Kegiatan pembiasaan juga dalam rangka penguatan nilai karakter yang menjadi bagian penting dalam tujuan pendidikan. Istilah sekarang dengan Profil Pelajar Pancasila selalu menempatkan nilai religiositas pada butir pertama. Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak muliaā€¯. Profil Pelajar Pancasila merupakan kebijakan pemerintah dengan tujuan mewujudkan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, dengan enam ciri utama: beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. (Humas-Marijo/Sua)