Diterpa Hujan, Kantin MTs Negeri 2 Rembang Roboh Rata dengan Tanah

Rembang – Hujan lebat yang mengguyur pada Minggu malam  (8/5/2022)  membuat kantin MTs Negeri 2 Rembang ambruk rata dengan tanah.  Robohnya kantin madrasah diperkiraan terjadi pukul 19.30 WIB saat hujan dan baru diketahui pagi hari (Senin, 9/5)

Sebelum Kantin itu ambruk, pihak madrasah  maupun komite  mengaku sudah mengantisipasi hal itu karena melihat kondisi bangunan tersebut sudah tak layak pakai.  “Terlebih bangunan dari kayu semenjak pandemi hingga sekarang tidak pernah terpakai, sehingga banyak tiang-tiangnya yang termakan rayap,” ujar Kepala MTs Negeri 2 Rembang, Muhammad Yunus Anis.

“Jadi ambruknya ruang kantin ini, bukan hanya karena hujan disertai angin saja, namun bangunan gedung itu usianya sudah tua dan kondisi juga mulai rusak dan tak layak guna,” kata Kepala Madrasah, Senin (9/5).  Yunus Anis juga menyampaikan dalam waktu dekat ini pihaknya tetap akan menyediakan kantin madrasah.

Wakil Kepala Madrasah bidang Sarana dan Prasarana, Toharudin menambahkan, kayu penyangga atap di bangunan  itu juga nyaris habis dimakan rayap sehingga tidak mampu menahan guyuran hujan. Untungnya  kejadian ini terjadi malam hari dan belum ada aktivitas. Toharudin juga menjelaskan, sebelum bulan Ramadhan, pihaknya sudah meminta kepada pengelola kantin untuk mengosongkan kantin dan untuk sementara kantin diletakkan menempel  di dinding  mushola.

“Dengan ambruknya bangunan tersebut, untuk sementara untuk aktivitas kantin dalam menyediakan jajanan pada siswa pengelola kantin membuat tempat sementara,” terangnya.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Kerugian material diperkirakan tidak terlalu besar karena sebelumnya barang-barang yang ada di dalamnya sudah diamankan dan kantin dengan 4 ruangan telah dikosongkan sebelumnya. (Wient/iq/rf)