081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Kakankemenag : Menulis Berita itu Seperti ‘Mipili’ Jagung

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang – Menulis berita adalah kompetensi yang harus dimiliki oleh kontibutor kehumasan di masing-masing satuan kerja Kementerian Agama. Berita ini menjadi saran untuk meningkatkan citra positif Kementerian Agama kepada masyarakat luas.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang, M. Fatah mengungkapkan hal itu pada kegiatan Peningkatan Kompetensi Kehumasan yang digelar pada Selasa (24/5/2022) di RM Cirra Resto Rembang.

Fatah mengatakan, menulis berita itu adalah kompetensi yang harus diasah terus menerus. “Menulis berita itu seperti mipili jagung. Semakin terbiasa menulis, maka akan semakin mahir,” kata Fatah di hadapan 30 peserta.

Fatah mengatakan, informasi yang disajikan kepada masyarakat akan membentuk citra Kementerian Agama. “Kalau yang kita sajikan itu informasi yang positif, maka citra Kementerian Agama juga akan positif. Begitu juga sebaliknya,” kata Fatah.

Fatah mengatakan, akses informasi sekarang ini sudah begitu banyak dan tidak ada batas. “Akses informasi ini sekarang bersifat no barrir. Artinya sudah tidak ada Batasan lagi. Semua bisa terakses baik melalui internet, media social, koran televisi, radio, dan lainnya,” beber Fatah.

Fatah meminta, para kontributor untuk bisa mengoptimalkan media-media tersebut sebagai sarana publikasi program dan kegiatan sebagai upaya peningkatan citra Kementerian Agama dan lembaga di bawahnya, yaitu madrasah dan KUA.

Tangkal hoax

Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Moh. Mukson menambahkan, pemberitaan di media akan membantu kita menangkal hoax yang beredar di masyarakat. “Setiap hoaks yang beredar harus kita klarifikasi dengan pemberitaan dari kita. Sehingga mereka akan berhenti sendiri,” kata Mukson.

Dengan adanya kegiatan ini, Mukson berharap pemberitaan di media online dan media social akan semakin berkualitas. “Dengan menghadirkan narasumber yang berkompeten, yaitu dari MataAir Radio/detik.com dan Jawa Pos, kami berharap akan semakin meningkatkan kualitas pemberitaan kita,” ujar Mukson.

Salah satu peserta dari MTsN 2 Rembang, Slamet Winarto mengatakan, kegiatan ini menambah pengetahuannya untuk publikasi MTsN 2 Rembang.

Kegiatan ini diikuti oleh 30 peserta yang merupakan kontributor berita dari madrasah dan KUA di Rembang. Bertindak sebagai naarsumber yaitu Mokhammad Fadlil dari MataAir Radio/detik.com dan Abdul Rokhim dari Radar Kudus, Jawa Pos. — iq/rf