Persiapan Pemberangkatan Haji, Kemenag Rembang akan Gelar 6 Kali Manasik Haji

Rembang – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang melalui Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) akan menggelar manasik haji sebanyak enam kali. Manasik ini sebagai persiapan menjelang pemberangkatan haji yang diprediksi akan berlangsung pada tengah tahun ini.

Kasi PHU Kemenag Rembang, Zuhri mengatakan, pihaknya akan menggelar manasik haji sebanyak enam kali. Rinciannya, 2 kali di tingkat Kabupaten dan empat kali di konsetrasi kecamatan. “Tanggal 24 Mei akan kami gelar pembukaan di tingkat Kabupaten, tanggal 24-27 Mei berturut-turut akan kami gelar di Kecamatan, dan pada 28 Mei penutupan manasik haji,” terang Zuhri Kamis, (12/4).

Zuhri mengaku, pihaknya bersama dengan Kakankemenag dan Kasubag TU sudah berkoordinasi dengan Bupati Rembang terkait pemberangkatan haji tahun ini. “Kami sudah berkoordinasi dengan Bupati Rembang. Beliau siap menyukseskan pemberangkatan haji tahun ini,” kata Zuhri.

Sementara sebagai persiapan adminitrasi, Seksi PHU sudah menyiapkan seluruh paspor calon haji. Pihaknya tengah memverifikasi data-data calon haji, yaitu paspor, KTP, vaksin pada aplikasi Peduli Lindungi, dan lainnya.

“Kami menemukan ada beberapa calon haji yang data paspor berbeda dengan KTP. Kemungkinan ada perubahan data karena ada pembaharuan KTP semenjak diberlakukannya e-KTP,” terang Zuhri.

Dengan waktu yang sedikit, seluruh staf PHU tengah bekerja keras untuk verifasi data dan melakukan persiapan-persiapan lainnya. Zuhri meminta dukungan kepada semua pihak agar pemberangkatan nanti berjalan dengan lancar.

Sebagaimana diberitakan,Kabupaten Rembang mendapatkan kuota calon haji yang berhak berangkat tahun ini sebanyak 332 jemaah. Calon haji ini berasal dari 14 Kecamatan di Rembang. iq/rf