PKPPS Al-Hidayah Sarang Adakan Ujian Sekolah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang – Pendidikan Kesetaraan Pondok Pesantren Salafiyah (PKPPS) Al-Hidayah, Sarang, menyelenggarakan ujian sekolah. Ujian ini digelar di ponpes setempat pada 16 Mei – 29 Mei 2022.

Kepala Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kemenag Rembang, Hanik Khuriana mengatakan, ujian ini diikuti oleh santri tingkat wustho kelas akhir sebanyak 17 santri. “Sebanyak    santri telah mengikuti ujian akhir ini mulai 16 Mei hingga 29 Mei 2022 mendatang,” kata Hanik.

Ujian terdiri atas ujian utama dan susulan. “Bagi santri yang tidak sempat mengikuti ujian utama karena halangan, bisa mengikuti ujian susulan dengan jadwal yang telah ditentukan,” ujar Hanik.

Materi ujian terdiri atas pelajaran umum dan agama. Yaitu PPkN, Alquran, Bahasa Indonesia, Al Hadis, Matematika, Akidah, Bahasa Inggris, Akhlaq, IPA, Fikih, IPS, Tarikh dan Bahasa Arab. “Ujian diadakan mulai pukul 07.30 – 12.00 WIB,” jelas Hanik.

Pihak PD Pontren rencananya akan mengadakan monitoring dan evaluasi di lokasi ujian pada Jumat (19/5/2022).

Sementara itu, 48 santri tingkat ulya program IPS sudah mengikuti ujian ini pada 14-27 Maret 2022.

Hanik berharap, para santri akan mengerjakan ujian dengan lancar. “Dengan ujian ini, santri akan mendapatkan pengakuan yang sama dengan siswa di sekolah formal. Sehingga ponpes akan menelurkan generasi yang berkualitas dan religius,” kata Hanik.  — iq/rf