ANBK Jenjang MA Salatiga Terpantau Tanpa Kendala

Salatiga — Kakankemenag Salatiga, H. Taufiqur Rahman didampingi Kasi Pendidikan Madrasah H. Qomarul Aziz dan Humas  melakukan monev pelaksanaan ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer) di MAN Salatiga, Selasa (30 Agustus 2022). Tercatat sejumlah 45 peserta  mengikuti ANBK yang dipilih secara random dan 5 peserta cadangan. ANBK dilaksanakan pada pukul 07.30 s.d 09.30 menggunakan aplikasi berbasis komputer dengan menggunakan perangkat komputer yang tersambung dengan jaringan internet. 

ANBK Jenjang SMA/MA, SMALB, SMK, Paket C/Ulya Kota Salatiga dilaksanakan pada tanggal 29 s.d 30 September bertempat di MATIQ As Surkati, MA Agro Nuur El Falah dan MAN Salatiga. Adapun jenis asesmen pada hari pertama adalah  Literasi Membaca dan Survey Karakter, hari kedua meliputi numerasi dan survey lingkungan belajar.

Mustaghfirin, Ka TU MAN Salatiga menjelaskan bahwa ini merupakan kali kedua MAN Salatiga menyelenggarakan ANBK. Meskipun bersifat tidak wajib dan siswa yang mengikuti dipilih secara acak, namun ANBK sebagai evaluasi mutu satuan Pendidikan dinilai cukup berpengaruh terhadap peningkatan mutu pendidikan, kualitas belajar mengajar, pengembangan kompetensi dan karakter murid, serta peningkatan sumber daya manusia untuk perbaikan mutu pembelajaran.

Dari hasil peninjauan, tidak ditemukan kendala berarti, baik dari perangkat, jaringan internet, peserta, maupun dari panitia penyelenggara. Kakankemenag dalam tinjaunnya, menyampaikan bahwa Asesmen nasional dilakukan untuk menilai mutu satuan pendidikan berdasarkan hasil belajar peserta didik yang mendasar seperti literasi, numerasi dan karakter. Disampaikannya, informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter dan Survei Lingkungan Belajar. (Humas/YF)