Kemenag Klaten Berikan Apresiasi Juara KSM Tingkat Kabupaten

Klaten – Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tahun 2022 tingkat Kabupaten Klaten yang diselenggarakan pada tanggal 13 sampai dengan 15 Agustus 2022 telah usai. Para juara KSM menerima piala dan piagam penghargaan yang diserahkan langsung oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten, Riv Rozi, Senin, (05/09).

Acara yang diselenggarakan bersamaan apel pagi di halaman Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten ini dihadiri oleh Kepala Sub bagian Tata Usaha, Kasi/Penyelenggara, Pengawas Madrasah, Kepala Madrasah, guru pendamping dan siswa juara satu, dua dan tiga KSM. Para juara KSM dipanggil satu persatu untuk menerima piala dan piagam penghargaan mulai dari jenjang MI, MTs dan MA.

Kasubbag mengatakan, terima kasih kepada seluruh peserta didik yang telah berpartisipasi. “Terima kasih untuk partisipasinya baik kepada peserta didik maupun kepada guru-guru yang telah membimbing dengan tekun dan sabar,” kata Riv Rozi.

Selanjutnya, kepada seluruh Ketua KKM, Kepala Madrasah, guru pembimbing dan pengawas untuk segera dilakukan pembinaan yang inten dan jangan hanya menjadi juara Kabupaten saja dan nanti di bulan September saat mengikuti KSM Tingkat Provinsi benar-benar bisa meraih prestasi yang membanggakan dan membawa harum Klaten.

“Untuk itulah mari bersama-sama meningkatkan dan selalu membimbing peserta didik kita untuk lebih intens lagi dalam menghadapi KSM tingkat provinsi,” ungkapnya.

Kepada yang belum meraih juara, beliau berpesan untuk tidak berkecil hati dan terus belajar untuk mengikuti KSM tahun berikutnya.

“Madrasah tidak kalah dengan anak-anak di sekolah umum, melalui KSM ini mereka bisa menunjukan kemampuannya dalam bidang-bidang umum,” ujarnya.

Selamat yang telah mendapatkan juara, jangan berpuas diri terus dan terus mengasah kemampuan menatap kompetensi yang lebih tinggi dengan sebaik-baiknya.

Selanjutnya Kasi Penmad, Bakri menyampaikan, penyelenggaraan KSM tingkat Kabupaten Klaten ini menyampaikan bahwa jumlah peserta KSM total sebanyak 405 peserta yang dilaksanakan secara online tersebut dilaksanakan MAN 1 & MAN 2.

“Juara satu, dua dan tiga nantinya akan maju ke tingkat Provinsi Jawa Tengah. Kontingen Kabupaten Klaten ini akan bersaing dengan peserta KSM dari kabupaten lain yang dilaksanakan pada tanggal 10 dan 11 September 2022,” tandas Bakri.

“Adapun peserta yang akan maju ke tingkat provinsi sebagai duta KSM Kabupaten Klaten sejumlah tiga puluh tiga peserta mulai dari tingkat MI sejumlah enam siswa yang terbagi menjadi dua kategori yakni mapel Matematika terintegrasi dan IPA terintegrasi, jenjang MTs sembilan siswa terbagi menjadi tiga kategori yakni kategori Matematika Terintegrasi, IPA Terpadu Terintegrasi, IPS Terpadu Terintegrasi dan Jenjang MA sebanyak delapan belas siswa yang terbagi menjadi enam kategori yaitu Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Ekonomi dan Geofrasi yang seluruhnya terintegrasi,” jelas Bakri.

“KSM adalah sebuah kegiatan yang digelar dan diadakan Kementerian Agama sebagai wahana membangun ghirah kompetisi sains dikalangan siswa madrasah. Secara umum KSM Tahun 2022 bertujuan untuk memperteguh akhlak mulia, kreatif, inovatif, berwawasan kebangsaan, cerdas, sehat, disiplin serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi,” pungkasnya.(sm-aj/Sua)