Kemenag & UIN Salatiga Gelar Seminar Internasional

Salatiga — Hari ini, Senin (19/09), Kankemenag Kota Salatiga bekerja sama dengan UIN Salatiga menyelenggarakan Seminar Internasional bertajuk Community Development di Aula Kantor, dengan menghadirkan pembicara dari Institute For Urban Research and Structural Policy, Prof. Dr. rer. Pol. Reinhard. Seminar diikuti oleh Penyuluh Agama Islam dan para akademisi di lingkungan Kankemenag Kota Salatiga.

Tujuan diadakannya seminar ini diantaranya adalah mengetahui perbedaan definisi pengembangan masyarakat di negara modern/ maju dan negara berkembang, mengetahui metode pengembangan masyarakat modern dan berkembang, mengetahui hambatan dan rintangan dalam upaya pengembangan masyarakat di negara modern/maju dan mengetahui pengaruh religiusitas masyarakat terhadap perkembangan masyarakat di negara modern.

Masyarakat merupakan salah satu aktor penting dalam pembangunan nasional. Sehingga community development adalah cara yang efektif untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Terutama adanya transisi dari pembangunan sentralistik (sentralisasi) ke arah desentralistik (desentralisasi) semakin menambah value dari masyarakat dalam konteks pembangunan.

Secara definitif, community development adalah upaya memberikan otonomi, wewenang, kepercayaan, dan daya kepada masyarakat agar dapat kreatif serta inovatif dalam menyelesaikan tugas sosial-ekonomi dengan baik. Sehingga metode ini merupakan mekanisme yang fokus dalam memberdayakan masyarakat agar dapat mandiri secara sosial dan ekonomi.

Reinhard dalam paparannya menyampaikan beberapa pokok pikiran antara lain perbedaan definisi pengembangan masyarakat di negara modern/ maju dan negara berkembang, metode pengembangan masyarakat modern dan berkembang, hambatan dan rintangan dalam upaya pengembangan masyarakat di negara modern/maju, serta pengaruh religiusitas masyarakat terhadap perkembangan masyarakat di negara modern. (Humas)