Wujudkan ZI, Kemenag Wonogiri Studi Tiru di Kemenag Klaten

Klaten-Tim Zona Integritas (ZI) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonogiri yang dipimpin oleh Kakankemenag Wonogiri, Anif Solikhin melakukan Studi Tiru terkait PMPZI (Penilaian Mandiri Pembangunan Zona Integritas) ke Kankemenag Klaten, Kamis, (22/9).

Anif Solikhin mengatakan, studi tiru dilaksanakan sebagai bagian dari program kerja Tim Zona Integritas Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonogiri menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK). Pembangunan ZI di Manajemen Perubahan, Penataan Tata Laksana, penataan Sistem Manajemen SDM, Penguatan Akuntabilitas, Penguatan Pengawasan, Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik yang nyata.

Kemenag Klaten telah melaksanakan program ZI yang dimulai dari tahun 2020 sampai sekarang. Keberhasilan Kemenag Klaten dalam penerapan ZI lolos dari penilai internal Kemenag dan maju penilaian dari Menpan-RB. “Maka dari itu Tim Zona Integritas Kementerian Agama Kab. Wonogiri mengadakan studi tiru untuk menggali dan mendapatkan referensi sebanyak-banyaknya tentang apa yang telah dilakukan Kemenag dalam membangun ZI,” ungkapnya.

“Kami ingin belajar membangun mewujukan ZI, Kemenag Klaten dipandang cukup berhasil meskipun belum sukses. Membangun ZI itu tidak mudah dan tidak bisa instant. Target kami minimal sampai ZI memenuhi tingkat penilaian internal,” tandas Anif Solikhin.

Sementara itu Kakankemenag Klaten, Hariyadi, mengucapkan selamat datang dan dengan tangan terbuka untuk saling belajar bersama, sharing terkait pembangunan ZI di Klaten ini.

“Silahkan kepada Tim ZI Kemenag Wonogiri untuk menanyakan dan juga saling mengisi dan konsultasi terkait pembangunan ZI yang ada untuk saling melangkapi terkait segala sarpras dan inovasi juga pemenuhan penilaian evidence,” katanya.

Membangun Zona Integritas harus didukung oleh seluruh komponen yang ada, dengan membangun komitmen bersama saling melengkapi. “Karena ini merupakan kerja tim dan mustahil akan tercapai tanpa adanya kebersamaan tim,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut Tim ZI Kemenag Wonogiri berkesempatan untuk mengunjungi dan melihat langsung ruang pelayanan Kemenag Klaten.(aj/Sua)