MTsN 2 Rembang Bina Siswa Tertib Berkendara

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

MTs Negeri 2 Rembang – MTs Negeri 2 Rembang memberikan pembinaan etika dan tertib berkendara pada siswa pada Sabtu (28/1/2023). Menurut Ahmad Makhim Arisanto, Wakil Kepala Madrasah bidang kesiswaan pihaknya secara rutin terus memberikan sosialisasi dalam ketertiban berkendara.

Saat ini masih banyak siswa yang menggunakan fasilitas kendaraan bermotor sebagai sarana transportasi ke madrasah. Namun terkadang mereka lalai bahkan mengabaikan dalam etika dan tata tertib berkendara yang tentunya akan beresiko dengan situasi jalan.

Makhim Arisanto menegaskan, pembinaan ini dalam rangka memberikan pemahaman cara berlalu lintas dengan benar demi keselamatan pribadi dan orang lain. Berdasarkan data dan pantauan, pelanggaran di lingkungan madrasah yang kerap kali masih dilakukan oleh siswa yang membawa sepeda motor sebagai sarana transportasi, di antaranya: tidak mengenakan helm saat berkendara, suara kendaraan yang sengaja di buat bronk, parkir sepeda motor seenaknya diluar tempat parkir yang disediakan dan lalai memanfaatkan lampu sein saat masuk dan keluar halaman madrasah.

“Tujuan pembinaan ini agar tertanam pada diri siswa untuk lebih tertib dalam berkendara,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala MTs Negeri 2 Rembang, Muhammad Yunus Anis mengatakan, menanamkan dan membangun kesadaran pada siswa menjadi kebutuhan bersama dan sesegera mungkin madrasah terus mensosialisasikan keselamatan berlalu lintas dengan diintegrasikan ke dalam proses pembelajaran.

“Jangan pernah bosan untuk selalu mengingatkan anak didik dalam tertib berlalu lintas,” ucapnya.

Yunus Anis berharap, untuk selanjutnya terus membangun komunikasi yang baik dengan para orang tua/wali untuk bersama-sama untuk terus selalu mengingatkan dan menghimbau dalam membangun kesadaran pada anak-anaknya dalam memathui peraturan lalu lintas sebagai upaya mengurangi resiko kecelakaan dan meningkatkan ketertiban di lingkungan madrasah. — wient/iq/rf