MAN 2 Rembang Persiapkan SNBP

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

MAN 2 Rembang – Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) tahun 2023 telah resmi dibuka. Ada tiga jalur masuk yang dibuka yaitu Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan Seleksi Mandiri.

MAN 2 Rembang sudah mulai bergerak untuk menyambut jalur pertama yaitu SNBP. Jalur ini dilakukan berdasarkan nilai rapor sampai semester lima. Pada awalnya peserta didik kelas XII membuat akun SNPMB melalui android masing-masing.

Peserta didik dalam pembuatan akun didampingi pihak madrasah. Nantinya dengan username dan password yang telah dibuatkan akun bisa digunakan untuk mendaftar.

Koordinator P4M (Program Percepatan Prestasi dan Peningkatan Mutu) Madrasah Ahmad Ronji menjelaskan MAN 2 Rembang mendapatkan kuota 178 peserta didik untuk mengikuti seleksi jalur SNBP.

Jumlah itu diambil dari data peringkat eligible berdasarkan nilai rapor yang sudah ditentukan pihak madrasah untuk program MIPA, IPS, dan Keagamaan.

“Setelah penetapan kuota eligible, kami memanggil setiap peserta didik yang masuk kuota tersebut untuk memastikan yang bersangkutan apakah tetap melanjutkan kuliah atau tidak,” ungkap Ronji.

Dari sejumlah itu ada beberapa peserta didik yang mengundurkan diri sehingga kuotanya diganti peserta didik lain yang berminat untuk melanjutkan ke perguruan tinggi. Apabila kuota tidak dipenuhi akan berakibat pada seleksi tahun depan.

Ronji menambahkan para peserta didik cukup antusias dan mereka sedang memilih program studi dan kampus mana yang ingin mereka tuju. Pihaknya bersama tim BK cukup sering memberikan sosialisasi tentang seleksi masuk perguruan tinggi.

“Kita juga cukup terbantu dengan dengan banyaknya perguruan tinggi yang melakukan sosialisasi di MAN 2 Rembang. Jadi ada banyak referensi bagi mereka. Di samping itu tidak sedikit juga yang berkonsultasi dengan kita,” ujar Ronji.

Saat ini tim sedang mengumpulkan rapor peserta didik serta mengecek. Nantinya nilai rapor setiap peserta didik tersebut akan didata. Untuk jadwal pendaftaran SNBP pada tanggal 14 – 28 Februari 2023. Sementara hasil SNBP akan diumumkan pada tanggal 28 Maret 2023. -huda/iq/rf