AKSIOMA – KSM Perteguh Siswa Madrasah Berintegritas

Yogyakarta (Inmas) – Alunan lagu yang bernuansa islami yang dibawakan oleh group Kyai Kanjeng asuhan Cak Nun mengawali pelaksanaan upacara pembukaan AKSIOMA – KSM tahun 2017 yang dipusatkan di stadion Mandala Krida Yogyakarta, senin (07/07).

Pada kegiatan pembukaan Perlombaan rutin tahunan di bawah naungan Kementerian Agama (Kemenag) sebagai ajang meningkatkan prestasi siswa madrasah dibidang Intelektual, Emosional dan spiritual  kembali digelar Kementerian Agama dalam Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah (Aksioma) dan Kompetisi Sains Madrasah (KSM), sebagai bentuk jawaban pembuktian bahwa madrasah adalah lembaga pendidikan terbaik di tengah masyarakat.

Pembukaan kali ini dihadiri langsung oleh Menteri Agama Republik Indonesia Lukman Hakim Saifuddin yang didampingi Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, pejabat di lingkungan Direktorat Pendidikan Agama islam serta para Kepala Kantor Wilayah seluruh Indonesia.

Mengawali sambutannya Menteri Agama menyampaikan ajang rutin ini haruslah menjadi media untuk semakin meningkatkan kualitas dan nilai tawar madrasah di tengah masyarakat, tidak bisa dipungkiri kepercayaan masyarakat terhadap madrasah semakin meningkat, karena terbukti madrasah juga sudah banyak mampu menghasilkan generasi bangsa yang saat ini sudah ikut mewarnai kebangsaan dan kenegaraan di negeri tercinta “ anak didik madrasah haruslah mampu menjadi pionir perubahan disemua lini,” kata Lukman.

 Kedepan madrasah juga harus mampu menjadikan lembaga pendidikan yang inklusif dan mengembangkan sikap toleransi untuk ikut serta secara aktif menjaga keutuhan NKRI, dengan menekankan juga pendidikan karakter anak didik yang berorientasi pada perilaku sikap santun, amanah dengan tanpa meninggalkan budaya yang berkembang ditengah masyarakat,”maju bukan berarti yang meninggalkan kearifan budaya hanya karena alasan modernisasi dan globalisasi. “ Tegas Menteri.

 “Siswa Madrasah dimanapun berada harus mampu menjaga diri, mampu berprestasi yang semangat mengabdi untuk Bangsa dan Negara dengan dilandasi iman dan taqwa, “ harapnya. Karena sesungguhnya bangsa ini sangat membutuhkan pemimpin yang memiliki integritas dan keyakinan bahwa mengabdi tidak semata hanya menjadi urusan dunia tetapi lebih dari pada itu sebagai bentuk totalitas pengabdian kepada Alloh SWT.

Pembukaan kegiatan AKSIOMA – KSM kali ini ditandai dengan penyerahan wayang kulit kepada dalang kecil siswa MTs Negeri Bantul untuk ditampilkan. Sukses bagi semua kontingen dengan mengedepankan sportifitas dan rasa ukhuwah. (Af).