400 Siswa MA Riyadl Ikuti Penerimaan Tamu Ambalan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang —Pengurus Dewan Ambalan Sunan Kalijaga dan Siti Fatimah Pangkalan Madrasah Aliyah Riyadlotut Thalabah Gudep 06-089/06-090 menyelenggarakan perkemahan penerimaan tamu ambalan (PTA) yang diikuti sebanyak 400 peserta didik baru, Kamis (28/07/2022).

Penerimaan Tamu Ambalan (PTA) ini merupakan agenda tahunan yang ditujukan untuk peserta didik baru dari pangkalan Madrasah Tsanawiyah atau Sekolah Menengah Pertama yang sudah resmi masuk ke satuan pendidikan lembaga MA. Riyadlotut Thalabah.

Turut hadir Kamabigus, Drs. H. Anshori, M.Si yang membuka upacara pembukaan penerimaan tamu ambalan yang berlangsung di halaman MA. Riyadlotut Thalabah Sedan. Pembukaan PTA ini ditandai dengan dilepaskannya burung merpati sebagai simbol agenda tahunan ini siap untuk dilaksanakan.

“Kegiatan penerimaan tamu ambalan ini dilakukan agar peserta didik memahami dan mengerti tentang kepramukaan yang ada di MA. Riyadlotut Thalabah. Dengan begitu peserta didik dapat menjadi anggota pramuka aktif, dan harus bisa mengikuti semua kegiatan yang ada didalam kegiatan perkemahan pramuka” tuturnya.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa kegiatan PTA ini diharapkan dapat melahirkan rasa kepedulian dan solidaritas terhadap satu dengan yang lainnya, sehingga dengan begitu dapat menjadi rujukan di semua kegiatan termasuk dalam perkemahan yang sedang berlangsung.

Gerakan pramuka yang ada di pangkalan MA Riyadlotut Thalabah harusnya bisa satu nafas dengan visi yang ada di Madrasah, yakni islami, unggul dalam prestasi, terampil bidang sosial dan teknologi. Keselarasan tersebut dapat diterapkan pada semua jenis kegiatan, tidak hanya di kepramukaan saja, akan tetapi juga dilaksanakan di organisasi sekolah atau OSIS.

Penerimaan tamu ambalan ini akan berlangsung dua hari, yakni hari kamis dan jumat. Selain itu, kegiatan ini juga melibatkan bapak atau ibu guru sebagai Pembina pendamping dalam melaksanakan perkemahan. Dengan demikian peserta didik dapat merasa terawasi dengan nyaman dan aman, sehingga tidak ada hal yang mengganggu kelancaran kegiatan perkemahan tersebut. –labib/iq/rf