64 P3H IkutbPelatihan Produk Halal, Ini Pesan Kakankemenag

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang – Sebanyak 64 Pendamping Proses Produk Halal (P3H) mengikuti kegiatan Pendalaman Materi Proses Produk Halal, Rabu (10/5/2023) di aula Kemenag Rembang. Kegiatan ini diadakan guna mempercepat capaian 1 juta produk halal pada tahun 2024.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang, H. M. Kafit membuka acara tersebut. Kafit menarget, para PPH harus aktif mendampingi proses produk halal hingga mencapai 3.000 produk bersertifikat halal pada tahun 2024. “Semua PPPH saya minta aktif mendapingi pelaku usaha melakukan proses produk halal. Siap ya,” ujar Kafit kepada peserta.

Karena itu, Kafit meminta peserta agar benar-benar menyerap ilmu sebagai bekal praktik di lapangan. “Saya ingin Rembang mencapai banyak target dan tidak hanya beberapa orang saja yang aktif,” tegasnya.

Penyelenggara Zakat dan Wakaf Kemenag Rembang, Sri Farida Ristiyana mengatakan, saat ini produk halal yang sudah bersertifikat halal di Rembang mencapai 552 produk. Dengan adanya kegiatan ini, percepatan sertifikat halal akan tercapai pada tahun 2024.

“Kegiatan ini kami adakan untuk meningkatkan pengetahuan dan kompetensi Pendamping PPH yang baru lulus tahun 2023. Selain itu, berbagai permasalahan selama di lapangan akan dicarikan solusinya,” kata Farida.

Sertifikasi halal ini akan diajukan dengan self declare. Program sertifikasi halal gratis (Sehati) ini bertujuan untuk mencapai 1 juta produk halal pada tahun 2024.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber Sekretaris Halal Center UIN Walisongo Semarang, Najibur Rahman dan Pendamping Produk Halal, Dzikrullah Zulkarnain.  — iq/rf