72 Peserta Ikuti MAPAK Tk. Kota Salatiga

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Salatiga — Lomba Mata Pelajaran Agama Kristen (MAPAK) Tingkat Kota Salatiga kembali digelar tahun ini. Bertempat di SDN 06 Salatiga pada Kamis, (07/06), kegiatan diikuti oleh 72 pelajar jenjang SD yang telah menjuarai MAPAK tingkat Kecamatan. Kegiatan pembukaan dihadiri oleh Ketua DPRD Dance Ishak Pailit, Kepala Kantor Kemenag Salatiga, H. Wiharso, Kepala Dinas Pendidikan Nunuk Dartini, Penyelenggara Kristen Kemenag Salatiga Dwi Kuncoro serta para siswa siswi peserta MAPAK dari SD se-Kota Salatiga.

Dalam kesempatan tersebut Kakankemenag berpesan kepada para peserta untuk mengutamakan “fairplay’ dan bersikap sportif. “Ayo anak-anak semua harus semangat. Lakukan yang terbaik, apapun hasilnya, yang penting kalian sudah berusaha semaksimal mungkin, karena usaha tidak akan mengkhianati hasil,” pesan Wiharso.

Wiharso juga selalu menekankan moderasi beragama pada setiap kesempatan. Bahwa dengan mengaplikasikan moderasi beragama (komitmen kebangsaan, toleransi, antikekerasan, dan penghargaan terhadap budaya lokal) maka akan menciptakan kerukunan antar umat beragama.

Kadisdik Nunuk Dartini memberikan apresiasi terhadap penyelenggaraan kegiatan yang tidak hanya bermanfaat untuk para peserta tetapi juga bagi Bapak/Ibu Guru dalam meningkatkan kemampuan diri memberikan pelajaran bersifat intelektual dan agamis.

Kegiatan dibuka oleh Ketua DPRD Dance Ishak. Dance menyampaikan bahwa moral dan etika itu penting. Bahwa lomba ini tidak semata tentang Pelajaran Agama, tapi banyak nilai-nilai terkandung di dalamnya seperti nilai kejujuran, nilai keadilan, nilai religious, nila bertanggung jawab dan lain-lain. Beliau juga menekankan pentingnya moderasi beragama untuk menjadi pedoman bersama dalam mewujudkan Salatiga Kota Toleran di tahun-tahun selanjutnya.

Adapun jenis cabang MAPAK yang dilombakan adalah Cerdas Cermat Alkitab, Solo Vokal Pa/Pi, dan Cerita Alkitab Pa/Pi. Peserta yang mendapat kejuaraan I akan mengikuti MAPAK tingkat Provinsi Jateng pada Selasa 26 September 2023.(Humas/Sua)