Aktif di OSIS, Siswi MAN 2 Rembang Ini Juga Berprestasi

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

MAN 2 Rembang – Eksktrakurikuler Podcast kembali mengadakan RAPOD (Mandura Podcast). Diselenggarakan pada hari Jum’at, 3 Februari 2023 bertempat di ruang Podcast. Bertindak sebagai host Sintia Salsa Bella dan menghadirkan bintang tamu Jaynika Halwa Muhimmah.

Halwa diundang sebagai kapasitasnya sebagai salah satu siswi berprestasi dan aktif di OSIS. Ia meraih Favorite Winner of Tiktok Competition yang diselenggarakan oleh Universitas Pekalongan pada tahun 2021.

Menurutnya lomba tersebut dilaksanakan secara daring. Ia mengikutinya pada saat awal menjadi siswi MAN 2 Rembang. Pada saat Matsama kebetulan ada lomba video kreatif dan ia menjadi juara 2 dan selanjutnya ia didorong oleh guru-guru pembimbing untuk mengikuti kompetisi tersebut.

Sistem lomba dilaksanakan secara online dengan mengirim video tips seputar belajar bahasa Inggris. Jadi kompetisi tesebut menggunakan bahasa Inggris dengan belajar sendiri mapun dari Google dan Youtube.

Selain itu,Halwa juga meraih medali emas bidang TIK dalam Madrasah Indonesia Olympiad tahun 2022. Dalam bidang akademik, selama dua semester beruntun ia meraih peringkat 2 paralel jurusan MIPA kelas X semester 2 dan kelas XI semester 1.

Berkaitan dengan peringkat paralel ini, Halwa memberikan tips untuk meraih paralel yaitu kuncinya konsisten.

“Sebagai seorang pelajar tentu kita harus ingat tugas utamanya adalah belajar dan tidak memikirkan hasil. Kalau toh mendapatkan ranking atau paralel anggap saja itu sebagai rejeki atas kerja keras kita,” tandasnya.

Dalam bidang organisasi, siswi yang menyukai pelajaran matematika tersebut ternyata sudah aktif di OSIS sejak masih duduk di bangku SMP dan sampai sekarang menjadi wakil ketua OSIS MAN 2 Rembang. Dorongan dan motivasi dari orangtua menjadi dasar keikutsertaannya.

Ia mengaku dulu masih menjadi seorang pemalu. Dari yang awalnya memaksa diri terjun dalam OSIS akhirnya mulai berani berbicara dengan guru, pembina OSIS dan siswa lainnya dan dipaksa untuk public speaking.

“Banyak manfaat yang saya dapatkan selama di OSIS seperti menjadi berani berbicara, public speaking sedikit baik, serta berani memutuskan masalah,” imbuh Halwa

Dalam mengatur waktu antara belajar dan organisasi ia memberikan contoh saat berada di rumah fokus urusan rumah, jika sudah selesai bisa mengerjakan yang lainnya seperti tugas sekolah atau tugas OSIS. Saat di kelas juga fokus dengan pelajaran. Jika di OSIS juga fokus dengan tugas OSIS.

“Motivasi untuk teman-teman jangan patah semangat untuk melakukan hal-hal baru yang positif seperti organisasi, lomba-lomba. Kerja keras, belajar dan berusaha,” pungkasnya. -huda/iq/rf