Dorong Kesuksesan, MAN 1 Rembang Berikan Kiat-kiat Ini

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

MAN 1 Rembang — Pembina upacara bendera MAN 1 Rembang, Ahmad Sodikin memaparkan kunci sukses kepada seluruh peserta upacara khususnya peserta didik pada Senin (13/1) di halaman setempat.

Lebih dari 450 peserta didik MAN 1 Rembang mengikuti upacara dengan tertib, dan kidmat menyimak 4 kunci sukses sebagai bekal hidup dari pembina upacara.

Pembina upacara, Achmad Sodikin mengatakan ada 4 kunci sukses antara lain hubbul ilmi (cinta ilmu), tawadu’ kepada guru, istiqomah, dan ridho orang tua.

Menurut Sodikin, seorang peserta didik harus mempunyai karakter hubbul ilmi (cinta ilmu). Hubbul ilmi merupakan perasaan cinta terhadap ilmu, selalu ingin bertemu, dan berusaha menjadikan ilmu sebagai penerang jiwa.

Kedua, tawadu’ merupakan karakter peserta didik untuk patuh dan taat akan perintah guru. Tawadu’ lebih condong ke arah adab seorang peserta didik kepada guru.

Ketiga, istiqomah merupakan karakter peserta didik yang cenderung ke arah disiplin. Kedisiplinan peserta didik dapat dilihat dari disiplin masuk sekolah, disiplin belajar, disiplin mengerjakan tugas, dan terlebih disiplin dalam sholat.

Terakhir, ridho orang tua tidak kalah penting dalam kesuksesan seseorang. Peserta didik dihimbau untuk berpamitan dan meminta restu orang tuanya sebelum berangkat sekolah.

“Semoga 4 kunci sukses yang kami sampaikan bisa dilakukan oleh seluruh peserta didik MAN 1 Rembang,” tegas Sodikin, wakil kepala bidang sarana dan perasaan MAN 1 Rembang, saat memberikan amanat upacara. — tejo/iq/rf