Dua Guru Bahasa Arab MTs di Pati Raih Juara Tingkat Nasional

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Pati (Humas) – Dua guru mapel Bahasa Arab MTs Kabupaten Pati berhasil menjadi juara satu dan dua tingkat nasional dalam ajang Gusi Bersi 2.0 (Guru dan Siswa Berprestasi) kategori Arabic MTs pada Selasa, (16/5). Keduanya, ialah Mohammad Baharuddin A. (MTs Raudlatul Ulum) sebagai juara 1 (satu) dan Lailatun Ni’mah (MTsN 1 Pati) sebagai juara 2 (dua). Lomba yang digelar secara online ini diselenggarakan oleh Alef Education dan diikuti oleh 1.240 peserta dari seluruh Indonesia.

Salah satu guru berprestasi tersebut, Lailatun Ni’mah, mengungkapkan rasa syukurnya setelah dinobatkan menjadi juara 2 nasional bersama siswanya, Abdurrahman Ahmad Al Fatah. Ia tak menyangka berhasil dinobatkan sebagai juara 2 nasional Gusi Bersi 2.0 Bahasa Arab setelah bersaing ketat dalam final melawan 5 tim hebat lainnya, yaitu MTs Miftahul Huda (Kab. Malang, Jawa Timur), MTs Tarbiyatut Tholabah (Kab. Lamongan, Jawa Timur), MTs Sirnamiskin (Bandung, Jawa Barat), MTs Raudlatul Ulum (Kab. Pati, Jawa Tengah), dan MTsN 3 Demak (Kab. Demak, Jawa Tengah). “Alhamdulillah, terima kasih Ya Allah, selalu menyayangi dan memberi kita rahmat sebagai juara dua,” ucapnya penuh syukur.

Laila mengungkapkan bahwa lomba Gusi Bersi 2.0 persyaratannya sangat berat, tetapi hal ini menjadikannya sebagai tantangan yang harus ditaklukkan. “Prasyaratnya masyaAllah menurut saya berat, tapi justru menjadi tantangan bagi saya untuk membuktikan bahwa kami dan para siswa yakin bisa selama kemauan kami kuat,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Laila menceritakan proses panjang yang harus ia lalui bersama siswanya untuk bisa melaju di babak final. Pada bulan November 2022 lalu, ia bersama muridnya membuat akun Alef, kemudian di bulan Desember 2022, keduanya mulai mengikuti serangkaian prasyarat lomba Gusi Bersi 2.0. “Jadi sebelum melakukan pendaftaran, syaratnya siswa harus menyelesaikan 30 kartu pelajaran di Platform Alef. Alhamdulillah, siswa kami sangat antusias karena dari aplikasi tersebut siswa bisa belajar sambil bermain sesuai dengan karakteristik peserta didik. Sedangkan, persyaratan untuk gurunya juga harus mengikuti 3 topik webinar series,” tuturnya.

Setelah berhasil menyelesaikan tahap awal, Abdurahman Ahmad Al Fatah dinyatakan eligibel untuk maju babak penyisihan 1 dengan jumlah pesaing 1.144 peserta. Kemudian, di babak penyisihan 2, Laila bersama Fatah melaju sebagai tim Gusi Bersi 2.0 melawan 159 tim dan berhasil maju babak semi final. Selanjutnya, di semi final, Laila dan Fatah berhasil menjadi 6 besar di antara 40 tim lainnya hingga berhak memperebutkan gelar juara di babak final.

Di akhir pernyataannya, Laila mengucapkan terima kasih kepada Kepala MTsN 1 Pati dan seluruh civitas akademika yang selalu membantu dan men-support timnya. “Terima kasih kepada Bapak Ali Musyafak selaku Kepala MTsN 1 Pati, Bapak Ibu guru, tenaga pendidikan, dan seluruh siswa yang selalu istiqomah mendoakan perjuangan kami,” tandasnya.

Sementara itu, Ali Musyafak, Kepala MTsN 1 Pati mengapresiasi perjuangan dan kerja keras Tim Bahasa Arab yang berhasil menjadi juara2 nasional. “Luar biasa sampai di titik ini, itu sebuah perjuangan tenanan. Syukron,” pungkasnya.(am/at/Sua)