MTs. Salafiyah Kajen Pati Sumbang Dua Medali di Porseni Jateng 2023

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

PATI, Humas — Kontingen Kabupaten Pati Perwakilan dari MTs. Salafiyah Kajen_Pati berhasil menyumbang dua medali kejuaraan, yakni Juara satu (1) Cabang Lomba Pidato Bahasa Arab dan Juara empat (4) Cabang Lomba Tahfiz Putri di Porseni Jateng 2023

Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) tingkat Madrasah Tsanawiyah se-Jawa Tengah tahun 2023 telah usai. Ajang lomba yang diselenggarakan oleh Kelompok Kerja Madrasah Tsanawiyah (KKMTs.) Provinsi Jawa Tengah ini digelar pada 15-17 Mei di Magelang dan diikuti oleh 35 kontingen Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah. Salah satu kontingen Kabupaten Pati adalah perwakilan dari Madrasah Tsanawiyah Salafiyah, Kajen, Margoyoso, Pati.

Senin (15/3) MTs. Salafiyah Kajen mendelegasikan siswa dan siswinya untuk menjadi kontingen Kabupaten Pati dalam beberapa cabang lomba. Berlangsung selama tiga (3) hari, setelah menunggu hasil pengumuman rasa syukur terucapkan atas capaian yang didapat. Tercatat kontingen Kabupaten Pati yang diwakili murid MTs. Salafiyah Kajen mampu menyumbangkan dua medali kejuaraan, yaitu di cabang lomba Pidato Bahasa Arab berhasil menjadi juara 1 (satu) dan Tahfiz Putri yang menjadi juara 4 (empat).

“Proses persiapan untuk Porseni Jateng 2023 ini sebenarnya cukup singkat, mengingat tidak lebih dari 1 bulan info lomba ini beredar. Ditambah jadwal latihan masih di momen-momen lebaran yang terhitung cukup padat. Selain itu, muncul berbagai kendala dan cobaan yang menghampiri. Nyatanya, hal tersebut tidak menjadi alasan mundur bagi kami, tim pembimbing tetap langsung tancap gas,” ujar Sopandi yang merupakan bapak pembimbing Alief Fachriza Sulistyo untuk cabang lomba Pidato Bahasa Arab.

Menurut Sopandi, ketekunan dan ikhtiar yang terus-menerus tanpa kenal lelah dari tim pembimbing dan siswa-siswi MTs. Salafiyah Kajen membuahkan sebuah kebanggaan bagi semua civitas akademik di madrasah. Sementara itu, sang anak didik, Alief Fachriza Sulistyo yang merupakan juara 1 (satu) cabang lomba Pidato Bahasa Arab Porseni Jateng 2023 mengungkapkan rasa syukur yang campur aduk. Alief masih merasa bahwa untuk membayangkan prestasi yang ditorehkannya saja dia tidak berani.

“Ini pertama kali saya ikut Porseni dalam cabang lomba Pidato Bahasa Arab. Lebih-lebih jadwal lomba yang bertabrakan dengan Ujian Assesmen Madrasah di MTs. Salafiyah Kajen untuk kelas 9 dan membuat fokus saya sebenarnya sedikit terpecah. Untungnya, saya masih bisa mengendalikannya,” kata Alief, menerangkan situasi dan kondisi yang dialaminya ketika mengikuti Porseni Jateng 2023 sebagai kontingen Kabupaten Pati.

Alief menceritakan dia harus belajar pelajaran di sekolah dan persiapan lomba secara bersamaan. Tidak lupa dia (Alief) juga mengucapkan rasa terima kasih ke tim pembimbing yang telah mendampinginya selama perhelatan digelar. Ucapan tersebut diberikan kepada bapak Sopandi dan ibu Yunia Ahsanti Amalia, sehingga dia mampu tampil prima ketika berpidato.

Selain Alief Fachriza Sulistyo di cabang lomba Pidato Bahasa Arab, perwakilan dari MTs. Salafiyah Kajen sebagai kontingen Kabupaten Pati dalam cabang lomba Tahfiz Putri juga turut mengharumkan nama Bumi Mina Tani di kancah provinsi, dia adalah Zahra Nurul Azkiya bersama pembimbing ibu Septian Nailul Faiq yang berhasil meraih juara 4 (empat).(Media/MTs_SLF/at/Sua)