Dukung Madrasah Digital, MAN 1 Rembang Luncurkan Aplikasi Perpus Digital

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

MAN 1 Rembang — MAN 1 Rembang meluncurkan aplikasi perpustakaan digital untuk melengkapi serta mendukung program madrasah digital pada Senin (20/2). Melalui perpustakaan digital, pihak madrasah berharap agar peserta didik dan dewan guru dapat memanfaatkan dengan baik.

Kepala MAN 1 Rembang, M. Khoiron mengatakan bahwa peluncuran aplikasi perpustakaan digital diharapkan bisa memfasilitasi kebutuhan peserta didik dan guru dalam materi pelajaran serta literasi secara digital.

Menurutnya, ruang kelas baru yang merupakan bangunan dari proyek SBSN sudah di desain menjadi kelas digital sehingga dengan peluncuran aplikasi perpus digital diharapkan dapat mendukung kegiatan pembelajaran digital.

“Kami berharap civitas akademik MAN 1 Rembang bisa menggunakan aplikasi perpus digital dengan baik,” jelasnya kepada tim humas MAN 1 Rembang saat di ruang kerjanya.

Sementara itu, Kepala Perpustakaan MAN 1 Rembang, Mukahar mengatakan bahwa aplikasi perpustakaan digital yang baru diluncurkan sebenarnya sudah disiapkan sejak Januari 2023 silam.

Mukahar memaparkan bahwa aplikasi perpustakaan digital MAN 1 Rembang sudah memiliki puluhan buku digital dalam bentuk e-book dan file pdf. Buku digital yang ada terdiri dari buku pelajaran, buku fiksi, dan berbagai kategori buku bacaan lain.

“Bapak/Ibu Guru dan Karyawan serta peserta didik dapat mengunduh aplikasi perpustakaan digital MAN 1 Rembang melalui play store dan di pasang pada handphone android masing-masing,” imbuhnya.

Petugas pengelola perpustakaan digital MAN 1 Rembang, Nur Indriyatno menjelaskan bahwa guru dan peserta didik dapat meminjam buku setelah melakukan registrasi untuk menjadi anggota perpustakaan dan disetujui admin.

Menurut Nur Indriyatno, proses registrasi menjadi anggota perpustakaan digital MAN 1 Rembang sangat mudah. Calon anggota cukup mengisi kolom pertanyaan seperti email, nama lengkap, jenis kelamin, tempat dan tanggal lahir, dan password yang diinginkan lalu klik icon daftar.

“Alhamdulillah sudah ada lebih dari 70 buku yang ada di aplikasi perpustakaan digital MAN 1 Rembang dengan berbagai kategori, dan pihaknya akan terus menambah koleksi buku,” ungkapnya.

Masih menurut Nur, durasi peminjaman buku pada aplikasi perpustakaan digital MAN 1 Rembang selama 2 x 24 jam, sehingga jika ada anggota yang meminjam buku secara otomatis buku akan kembali setelah durasi waktu peminjaman habis.

Nur berharap dengan adanya aplikasi perpustakaan digital MAN 1 Rembang dapat memudahkan guru dan peserta didik dalam mencari materi pelajaran dan menambah literasi. — tejo/iq/rf