DWP Peringati Isra Mi’raj, KaKankemenag Pati Tekankan Pentingnya Moderasi Beragama

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Pati – Ketua beserta jajaran Pengurus Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Kemenag Kab. Pati hadir dalam acara peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW 1442 H yang digelar oleh DWP Kemenag RI secara online melalui aplikasi virtual Zoom Meeting pagi hari ini, Jumat (19/3) di ruang rapat Kankemenag Pati.

Dalam Peringatan Isra Mi'raj ini hadir penceramah agama Prof. Dr. Muhammad Quraish Shihab yang memberikan tausyiah dengan tema “Peringatan Isra Mi'raj sebagai Motivasi dalam Membangun Moderasi Beragama”.

“Pada momentum ini, saya perlu sampaikan tentang pentingnya konsep moderasi beragama berlaku bagi semua umat manusia. Moderat yang dimaksud adalah dalam
pemahaman, sikap dan perilaku. Semoga melalui peringatan Isra Mi'raj ini, kualitas iman kita semakin baik, hubungan persaudaraan seagama dan sesama manusia makin harmonis,” ajak Prof. Dr. Muhammad Quraish Shihab mengawali tausyiahnya.

Ia menjelaskan, Muhammad adalah Nabi pertama dan utama yang merubah peradaban manusia. Rasulullah adalah sosok yang moderat dan bijaksana, mampu membentuk masyarakat madani yang sejahtera, aman dan damai serta senantiasa mengembangkan toleransi dan menciptakan keadilan.

“Esensi dari peristiwa Isra Mi'raj ini, manusia harus meyakini jika kekuatan dan kekuasaan Allah SWT tidak terbatas, dan tidak dipengaruhi ruang dan waktu. Peristiwa Perjalanan Rasulullah SAW menempuh ribuan kilometer dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa kemudian menembus langit ketujuh hingga ke Sidratul Muntaha dalam sepertiga malam, adalah sebagian dari tanda kekuasaan Allah SWT,” urai Quraish Shihab.

Dalam kesempatan ini, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Agama Kabupaten Pati Sri Iswati Ali Arifin mengatakan peringatan Isra Mi’raj adalah momen untuk mempertebal Iman.

Menurutnya, peristiwa Isra Mi’raj adalah peristiwa yang sangat luar biasa dan banyak pelajaran yang terkandung dalam peristiwa tersebut.

“Kita sebagai umat Islam harus percaya itu, semoga kita yang hadir dapat mengambil hikmah dan pelajaran dari peringatan Isra Mi’raj ini untuk diamalkan di kehidupan sehari-hari,” ujarnya saat memberikan sambutan rakor pengurus DWP Kemenag Pati usai acara peringatan Isra Mi’raj ini melalui aplikasi virtual Zoom Meeting.

Lebih lanjut Sri Iswati menambahkan peringatan Isra Mi’raj merupakan agenda rutin tahunan DWP Kemenag RI yang diisi dengan ceramah agama dan diharapkan dapat memberikan manfaat bagi seluruh anggota DWP Kemenag, khususnya DWP Kemenag Pati.

Sementara itu, Kepala Kemenag Kabupaten Pati selaku Penasehat DWP, Ali Arifin menyampaikan ucapan syukur pengurus DWP Kemenag Pati bisa mengikuti kegiatan peringatan Isra Mi’raj dan bersilaturahmi walaupun secara virtual dengan ibu Menag dan pengurus DWP Kemenag RI serta DWP Kemenag lainnya se-Indonesia.

“Saya mengucapkan terima kasih pada Ketua dan Pengurus DWP Kemenag Kab. Pati yang senantiasa proaktif dalam berkegiatan,” ujarnya.

Kepala Kemenag Pati mengharapkan kepada jajaran pengurus dan seluruh anggota Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemenag Kab. Pati agar dapat mengambil hikmah dan pelajaran dari peringatan Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW 1442 H, terutama dalam upaya mewujudkan generasi yang taat beribadah.

KaKankemenag menegaskan, jika Islam adalah agama yang memberikan rahmat bagi semesta alam, sehingga umat Islam harus menjadikan Rasulullah SAW sebagai teladan, senantiasa menjalin hubungan vertikal dan horizontal yang baik.

Ia menyebut tiga pesan moral yang bisa dipetik dari peristiwa Isra Mi'raj yakni pertama, memelihara hubungan yang baik dengan sesama manusia, memelihara hubungan yang baik dengan Allah SWT dan senantiasa meyakini kebesaran Allah SWT.

“Saya mengajak kita semua untuk berkarakter Islam wasathiyah, menampilkan wajah islam yang damai, toleran dan senantiasa memberikan kesejukan. ASN Kemenag sudah sepatutnya menjadi agen moderasi dan pembawa kedamaian,” pungkasnya. (at/qq)