Ekskul Podcast MAN 2 Rembang Adakan Evaluasi

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Podcast menjadi salah satu ekstrakurikuler di MAN 2 Rembang. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa dewasa ini podcast sedang naik daun semenjak pandemi. Banyak instansi, pesohor yang membuat program podcast.

Sebenarnya konsep podcast memang sederhana yaitu ngobrol atau berbincang santai. Walaupun begitu tentu tidak mudah dilakukan terutama yang manjadi host. Penampilan di depan kamera tentu perlu dilatih agar bisa lancar.

Pada hari Sabtu 21 Januari 2023, ekskul Podcast melaksanakan evaluasi yang bertempat di ruang perpustakaan. Evaluasi diadakan setelah sebelumnya selesai pengambilan video podcast selama dua kali.

Podcast pertama dengan bintang tamu M. Habibur Rahman salah satu siswa MAN 2 Rembang. Pada podcast ini memang masih ada rasa gugup dari host. Hal ini cukup wajar terutama jika ini baru pertama kali mereka jalani.

“Saya kira ini hal yang positif karena siswa mulai berani untuk berbicara di depan kamera. Kalaupun masih ada kendala tentu masih wajar. Yang penting mau dan berani,” ujar Qomarul Huda, pembina Podcast.

Huda berharap siswa yang lain bisa mengamati dan belajar dari temannya yang bertugas sebagai host. Rencana nanti akan giliran agar semua bisa merasakan dan berani.

Sementara pada podcast kedua menghadirkan salah satu alumni, Wahyu Prasetyo. Wahyu yang merupakan mantan ketua OSIS ini banyak menceritakan tentang tips masuk perguruan tinggi serta motivasi kepada siswa kelas XII.

“Untuk yang kedua ini sudah baik walaupun pelaksanaan agak mendadak, namun host telah persiapan sebelumnya. Untuk kendala mungkin lebih di peralatan di mana ada mikrofon yang kurang stabil,” imbuh Huda.

Diharapkan dengan adanya evaluasi ini nantinya pelaksanaan podcast dapat semakin baik, dari segi host maupun peralatan. Begitu juga dengan siswa yang mengikuti ekskul podcast dapat memanfaatkan kesempatan untuk melatih keberanian public speaking. -huda/iq/rf