Gudep MTsN 1 Rembang Ikuti Pengukuhan dan Verifikasi Pramuka

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

MTsN 1 Rembang — Ketua Kwartir Cabang Rembang, Hj. Hasiroh Hafidz mengukuhkan Pramuka Garuda siaga, penggalang, dan penegak Tahap 1 secara simbolik. Pramuka Garuda ini termasuk MTsN 1 Rembang.

Pengukuhan ini digelar pada Sabtu (20/5/2023) di Aula Pasar Kreatif Lasem. Pengukuhan dan verifikasi ini diikuti 4 Kwartir ranting, yakni Kwartir ranting Lasem, Kwartir ranting Sluke, Kwartir ranting Kragan dan Kwartir ranting Sarang.

Kamabigus yang juga Kepala MTsN  1 Rembang, Ahmad Suhadak Sholikin mengatakan, sebanyak 40 pramuka penggalang dari pangkalan MTs Negeri 1 Rembang akan mengikuti uji kelayakan sebagai pramuka garuda, tingkatan tertinggi pada jenjang tingkat Pendidikan kepramukaan.

Sebelumnya, mereka telah menyiapkan berbagai dokumen dalam portofolio yang menjadi persyaratan dalam verifikasi dan pengukuhan, mulai dari biodata diri, Fc SKK dan SKU, surat berkelakuan baik, sertifikat TIK dan sertifikat berbahasa asing, serta portofolio hasta karya yang telah dibuat oleh masing-masing penggalang.

Suhadak berpesan kepada peserta, menjadi seorang pramuka garuda adalah suatu keputusan yang tepat dan tidak semua anak memiliki kemampuan dibidang kepramukaan ini.”Kegiatan hari ini akan menjadi sejarah dalam karir kepramukaan bagi kalian oleh karena itu dalam proses verifikasi ini kalian harus sungguh-sungguh dan ingat kesempatan tidak akan datang dua kali,” pesannya.

Kakak pembina yang juga selaku Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Rembang, Mutaqin mengatakan, sebagai seorang pramuka, wajib melestarikan budaya daerahnya untuk memperkaya dan memperkuat budaya nasional. “Lasem merupakan kota pusaka yang kaya akan budaya anak bangsa oleh karena itu, nilai-nilai budaya ini harus kita jaga dan lestarikan jangan sampai punah termakan zaman,” katanya.

Selanjutnya peserta pramuka garuda memasuki ruang uji kelayakan portofolio oleh tim verifikasi Kwartir cabang Kabupaten Rembang. Peserta garuda dari MTs Negeri 1 Rembang dengan sangat kompeten menjawab setiap pertanyaan dari kakak penguji, setiap kwartir ranting mempunyai kaka penguji yang berbeda-beda. — kontri/iq/rf