Hadapi OSN, MAN 2 Rembang Gelar Bimbingan Intensif

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

MAN 2 Rembang – Olimpiade Sains Nasional (OSN) menjadi salah satu ajang yang bergengsi bagi siswa. Pada awal bulan April rencananya akan diselenggarakan seleksi tingkat kabupaten/kota (OSN-K).

Terdapat sembilan bidang OSN yang dilombakan yaitu Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/Komputer, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi.

MAN 2 Rembang sudah mulai mempersiapkan untuk menghadapi kompetisi tersebut. Awalnya ditentukan guru pembimbing untuk setiap bidang.

Kegiatan bimbingan OSN berada di bawah kendali tim P4M (Program Peningkatan Prestasi dan Percepatan Mutu) madrasah. Program ini memang dibentuk untuk menghasilkan siswa yang berprestasi terutama di bidang akademik.

Sebelumnya diadakan seleksi tingkat madrasah oleh para pembimbing. Selanjutnya para siswa terpilih tersebut didata dikumpulkan oleh ketua P4M, Ahmad Ronji.

Pada kesempatan tersebut siswa bimbingan diberikan informasi mengenai OSN tahun ini serta diberi motivasi supaya mereka semangat mengikuti. Ada banyak manfaat yang didapat dengan mengikuti lomba-lomba seperti OSN ini.

“Kegiatan bimbingan dilakukan di aula, laboratorium, dan perpustakaan. Satu bidang diikuti oleh lima siswa. Guru pembimbing memberikan materi dan soal-soal yang kemudian dibahas bersama,” ujar Ronji, Jum’at (10/3) kemarin.

Dari pihak madrasah memberikan pelayanan yang terbaik seperti menyiapkan konsumsi dan dispensasi bagi siswa yang ikut bimbingan.

Ronji menambahkan selama kurang lebih satu bulan ini para siswa mendapatkan bimbingan. Satu minggu sebelum pelaksanaan OSN, pihak madrasah akan mengundang rekanan dari luar untuk membimbing lebih intensif.

“Lembaganya yaitu Astana Ilmu yang sudah berpengalaman dalam bimbingan olimpiade dan sejenisnya. Kita berharap dari program bimbingan ini bisa menghasilkan yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya,” tutup Ronji. -huda/iq/rf