Hari Ini, 33 Santri Asal Rembang Berkompetisi di Ajang MQK Jawa Tengah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang – Sebanyak 33 santri asal Rembang berangkat menuju Ponpes Al Mubarok Wonosobo dalam rangka mengikuti Musabaqoh Qiro’atil Kutub tingkat Jawa Tengah pada Sabtu (3/6/2023) dari Ponpes Al-Anwar, Sarang.

33 Santri ini akan berkompetisi dengan santri dari Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah. Kebarangkatan santri dengan didampingi oleh enam pelatih Ponpes, enam pengurus Forum Komunikasi Pondok Pesantren (FKPP) kabupaten Rembang dan tiga staf Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kemenag Rembang.

Kakankemenag Kabupaten Rembang, H. M. Kafit berharap, santri akan bisa tampil dengan optimal dan mendapatkan hasil yang terbaik untuk Kabupaten Rembang.

Kasi PD Pontren Kemenag Rembang, Hanik Khuriana NA mengatakan, 33 santri ini mendapat dukungan dari Pemkab Rembang, Kemenag Rembang, dan FKPP Kabupaten Rembang.

“Mereka akan mengikuti sejumlah lomba yang diadakan di Ponpes Al-Mubarok, Manggisan, Wonosobo,” kata Hanik.

Sebelumnya, peserta yang dipilih telah diberikan pembekalan. Hanik berharap, peserta akan menampilkan kemampuannya secara maksimal di Wonosobo. MQK akan berlangsung hingga Senin (5/6/2023).

Ke-33 peserta tersebut merupakan santri tingkat ula, wustgo dan ulya. Mereka akan berkompetisi dalam beberapa cabang lomba antara lain, fikih, nahwu, tauhid, ushul fikih, tafsir, hadits, Tarikh, akhlak, balaghoh,

Pembukaan

Pembukaan MQK Jateng 2023 dibuka oleh Wagub Jateng Taj Yasin Maimoen pada Sabtu (3/6/2023). Hadir pula Bupati Wonosobo, Wakil Bupati Wonosobo, Kakanwil Kemenag Jawa Tengah H Musta’in Ahmad, dan Kepala Kankemenag Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah.

Kepala Bidang Kabid Pendidikan Diniyah (PD) dan Pondok Pesantren (Pontren) Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Tengah Muhtasit mengatakan, MQK ini merupakan penyelenggaraan yang ke-7 kalinya untuk tingkat provinsi. MQK tingkat Jateng ini merupakan persiapan MQK tingkat Nasional yang rencananya akan diadakan di Jawa Timur pada Juli 2023. — iq/rf