Hasil Muskap KH Noor Rofiq Kembali Pimpinan FKUB Periode 2022-2027

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Salatiga — KH Noor Rofiq kembali terpilih memimpin Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Salatiga Periode 2022-2027. Pemilihan dilakukan secara aklamasi pada Musyawarah Lengkap (Muskap) Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Salatiga Periode 2017-2022, di Hotel Kencana Bandungan, Kamis (22/07/22)

Mulyanto, SH., MM., Ketua Sidang membacakan keputusan Kepengurusan periode 2022-2027, tampak kepengurusan lama masih mendampingi KH. Noor Rofiq seperti, Pdt. Daniel Ismanto, KH. Nasyir As’ari, Miftahudin yang menduduki Sekretaris, H.Mulyanto, H Imam Soetomo, dan lainnya. Hadir dalam kegiatan Pj Wali Kota Salatiga, Komandan Kodim 0714, Kapolres Salatiga, Kepala Kementerian Agama Salatiga dan Kepala Badan Kesbangpol Kota Salatiga.

Dalam sambutannya KH. Noor Rofiq melaporkan proses berjalannya musyawarah lengkap dengan detail hingga terpilihnya menjadi ketua. “Kemarin sore hingga hari ini muskap periode 2017-2022 berjalan lancar dan terpilih kepengurusan periode 2022-2027. Dari terbentuknya dari tahun 2007 FKUB sudah memberikan perannya dalam menjaga kondusifitas Kota Salatiga. FKUB terus menjadi mitra pemerintah melalui kerukunan umat beragama. Kontribusi positif banyak kami lakukan, bahkan dari 2015 sampai dengan tahun 2021 Salatiga menjadi kota tertoleran di Indonesia. Meski telah mengerjakan perannya namun FKUB masih memiliki banyak pekerjaan rumah yang harus dijalankan. Kami FKUB juga meminta arahan dan nasihat dari Bapak Pj Wali Kota beserta Forkopimda agar kedepannya lebih baik lagi,” lapor Ketua FKUB.

Kepala Kemenag H Taufiqur Rahman dalam sambutannya berharap FKUB langsung membuat program kerja yang inovatif. “Banyak program kerja yang bisa digali, jangan copy paste program yang sudah ada dimasa lalu. Lakukan inovasi, misalnya saja terus melakukan koordinasi dengan berbagai lembaga keagamaan, jangan hanya berhenti pada dialog saja,” pesannya.

Sementara itu Pj Wali Kota Salatiga Sinoeng N Rachmadi berharap FKUB memberikan nasihat bagi kami dalam memberikan layanan kepada masyarakat Salatiga. “Sambutan Kyai tadi keliru, buka FKUB yang meminta nasihat dan masukan, namun kami Pemerintah Kota yang seharusnya meminta nasihat dan masukan dalam menjalankan roda pemerintahan. Saya selaku Pj tidak akan mengambil kebijakan yang terkait dengan keumatan dan keagamaan sebelum ada rekomendasi dan arahan dari FKUB,” tekan Sinoeng N Rachmadi.

Adapun susunan kepengurusan  FKUB yang telah terbentuk periode 2022 – 2027 sbb:

Ketua Drs. H. Noor Rofiq (Islam), Wakil Ketua I Pdt. Daniel Iswanto (Kristen) ; Wakil Ketua II KH. Nasyir Asy’ari (Islam); Sekretaris H. Mulyanto, SH.MH.M.Hum (Islam), Wakil Sekretaris  Dr.H. Miftahuddin M.Ag (Islam); Bendahara H. Ady Suprapto , M.SI (Islam); Kabid Hubungan Antar Umat Beragama Drs.H. Zaenuri, M.Pd (Islam), Anggota Dr. Pdt. Urip Yudhono (Kristen), Anggota Drs. H. Syatibi (Islam), Kabid Kehumasan Romo Wiku SDT (Hindu), Anggota Hj. Khusnul Khotimah, SH.M.Pd.I (Islam), Anggota Pdm.Hariyono (Budha); Kabid Advokasi H. Supriyadi,SH.M.Kn (Islam). Anggota Dr.M.Hariyanto, SH.M.Hum (Kristen). Kabid Penampungan Aspirasi Prof.Dr.Imam Sutomo (Islam), Anggota Hendra Budi Santoso (Konghucu), Anggota MC Sumitro (Katholik). (Humas/Khusnul-Fitri).