Idul Adha 1443 H, Kemenag Pati Tasarufkan Lima Ekor Sapi

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

PATI – KPRI Barokah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pati menyalurkan lima ekor sapi ke masyarakat pada momen hari qurban Idul Adha tahun 2022. Penyerahan simbolis dilakukan di halaman kantor Kemenag Pati, Jumat, (8/7/2022).

Kegiatan penyaluran hewan kurban ini dihadiri oleh Kepala Kemenag Pati, Kepala Bidang Peternakan, Dinas Pertanian, sejumlah tokoh pemerintahan dan perwakilan para penerima hewan kurban.

Ketua KPRI Barokah Kemenag Pati, Agus Suseno mengatakan pembagian hewan kurban tersebut merupakan acara rutin yang digelar setiap hari raya Idul adha. Idul Adha tahun ini Kemenag menyalurkan lima ekor sapi. Sapi-sapi tersebut disalurkan ke desa-desa pelosok atau terluar wilayah Pati, sebagai bentuk kepedulian Kemenag terhadap warga Pati.

“Kelima ekor sapi itu kita tasarufkan ke Masjid Porang-paring Golilo, ke Masjid Gunungsari Batangan, Masjid Sentul Cluwak, Masjid Gambiran Margorejo serta kelima Ponpes Nurul Hikmah Pasucen Trangkil,” kata Agus.

Program tasaruf qurban setiap tahun oleh Kemenag Pati selalu meningkat. Di mana tahun 2021 kemarin berjumlah 4 ekor sapi dan tahun sebelumnya cuma 3 ekor sapi. Untuk saat ini masih dalam kondisi wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), menurutnya sapi-sapi tersebut telah diperiksa oleh stakeholder terkait yaitu dari Dinas Pertanian (Dispertan).

Ia mengungkapkan berdasarkan dari pemeriksaan yang dilakukan Dispertan itu sapi tersebut dinyatakan layak untuk diqurbankan.

Sapi-sapi tersebut juga dimaksudkan bisa menjadi contoh di masyarakat kaitannya dengan kriteria sapi kurban yang baik menurut syariat islam. Baik dalam segi umur, tidak cacat dan tidak terserang penyakit.

“Mudah-mudahan setiap tahun kita bisa mentaaarufkan hewan qurban ke masyarakat serta semoga bisa bertambah jumlahnya,” jelasnya.

Dengan agenda ini, ia berharap bisa membantu masyarakat utamanya bagi desa-desa di pelosok. Misalnya ia menyebut Desa Porang-paring di ujung selatan, Desa Sentul di ujung utara. “Serta momen hari raya idul Adha bisa dirayakan dan dinikmati secara bersama,” pungkas Agus.

Sementara dalam sambutan arahan Kepala Kankemenag Pati, Ali Arifin mengungkapkan bahwa, penyerahan hewan kurban ini merupakan Agenda rutin tahunan, digilir setiap kecamatan.

“Setiap tahun ASN di Lingkungan Kantor Kemenag Kab. Pati rutin melakukan arisan sapi kurban melalui KPRI ‘Barokah’ sebagai Implikasi hikmah Idul Kurban yang telah dicontohkan oleh Nabi Ibrahim As dan Nabi Ismail As,” ujarnya.

“Mudah-mudahan dengan seluruh pengorban kita dan hewan kurban yang kita berikan nanti bisa menghapuskan dosa-dosa kita. Kita juga berdoa semoga kurban ini bisa memberikan semangat kepada jajaran ASN Kankemenag Kabupaten Pati dalam mengabdi,” tandas Ali Arifin saat prosesi penyerahan hewan kurban.(at/Sua)