Kakankemenag Minta Guru RA Kenali Kemampuan Anak Sejak Dini

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang – Guru Raudlatul Athfal mempunyai peran yang luar biasa dalam mendidik putra-putri bangsa. Karean di RA, anak-anak mulai dikenalkan dengan lingkungan hingga baca tulis yang akan melekat hingga dewasa.

“Guur RA adalah guru yang luar biasa. Karena perjuangan mereka juga luar biasa. Membimbing dan mendidik anak-anak balita, mengenalkan pertama kali huruf alif ba hingga abc,” kata Kepala Kankemenag Kabupaten Rembang, M. Fatah dalam Rapat koordinasi dan sosialisasi guru Raudhatul Athfal Kabupaten Rembang. Acara ini digelar pada Senin (22/8/2022) di RA Al-Wahdah, Lasem, Rembang.

Fatah mengatakan, guru RA adalah guru yang berperan pertama kali dalam baca tulis anak-anak. Demikian pula mengenai perilaku dan sikap. “Karena itu saya bilang guru RA adalah guru yang paling luar biasa. Karena itu kami minta Anda semua harus bangga menjadi guru RA. Karena menjadi guru yang terhebat,” kata Fatah di hadapan Kepala RA se-Kabupaten Rembang.

Fatah juga mendorong agar guru RA mampu mengenali minat dan bakat siswa sejak dini. Menurut Fatah, guru RA harus memperlajari multiple intelegensi anak-anak.

“Guru RA harus faham akan kemampuan dan minata anak. Apakah cenderung mempunyai kecerdasan numerik, kecerdasak logika linguistic, kecerdasan spasial, kecerdasan kinestetik, dan lainnya. Ini penting untuk mengarahkan anak didi menurut minat dan bakatnya,” kata Fatah.  — iq/rf