Kecil-Kecil Cabe Rawit, Mustaqim Lolos Penyuluh Agama Islam Award Tingkat Nasional

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Salatiga — Berdasarkan hasil penilaian portofolio, video, dan karya tulis ilmiah pada Seleksi Tahap I (satu) Penyuluh Agama Islam Award Tahun 2023 yang diselenggarakan mulai tanggal 31 Juli sampai dengan 2 Agustus 2023, 7 (tujuh) peserta dari Jawa Tengah berhasil masuk sepuluh (10) nominasi pada setiap kategori. Salah satunya adalah peserta asal Kota Salatiga yaitu Mustaqim, M.Pd.

Kecil-kecil cabe rawit, sosok penyuluh dengan tubuh yang bisa dibilang mungil dan masih muda ini telah menunjukkan prestasinya dalam kompetisi yang cukup bergengsi di kancah nasional.  Namun, jangan salah, Mustaqim Penyuluh Agama Islam Non Fungsional Kemenag Kota Salatiga, demikian sapaan kesehariannya, berhasil masuk nominasi 10 besar ajang PAI Award Tingkat Nasional kategori Penegakan Hukum yang digelar Ditjen Bimas Islam Kemenag RI awal Agustus lalu.

Adapun penelitian yang diangkat adalah Advokasi Kepatuhan Hukum Terhadap Panitia Zakat Non Amil melalui Pendekatan Bahtsul Masail.  Setidaknya portofolio, video narasi, dan karya ilmiah yang dia sajikan telah mencuri perhatian dewan juri sehingga Mustaqim lolos ke penilaian tahap kedua.

Tak hanya itu, santri Pondok Pesantren Sunan Giri Salatiga dan Amtsilati Bangsri Jepara ini juga menguasai Ilmu Nahwu, Sharaf, Manthiq, Tsawuf, Aqidah, Falaq, Usul Fiqih, Muamalah, Ilmu Kalam Aswaja, Hadits,I  lmu Mawaris, Pendidikan Akhlaq,Tauhid, Balaghoh dan Tasawuf. Tak heran, Mustaqim dinilai handal dalam menyampaikan sosialisasi atau edukasi ke masyarakat, karena luasnya ilmu  yang dimiliki. Pembawaan yang rileks, tenang dan begitu menguasai materi terlihat jelas ketika memberikan presentasi di depan jemaahnya di berbagai forum Bahtsul Masail di Kota Salatiga.

Kakankemenag Kota Salatiga, Drs. H. Wiharso, MM sangat mengapresiasi atas prestasi yang dicapai oleh Mustaqim. “Selamat kepada Saudara Mustaqim. Ini merupakan hal yang luar biasa dan sangat penting untuk memberikan pencerahan untuk pemberdayaan amil selalu taat asas dan tata peraturan yg berlaku,” kata Wiharso.

Sementara itu H. M. Mudatsir, S.H, M.Si selaku Ketua Pokjaluh Kankemenag Kota Salatiga mendukung penuh kiprah Mustaqim dalam memberikan edukasi kepada masyarakat. “Semoga apa yang dilakukan Pak Mustaqim menjadi inspirasi yang lain karena bermanfaat bagi masyarakat,” harapnya.

Pada akhirnya dukungan dari berbagai pihak tentunya sangat diharapkan agar Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah khususnya Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga bangga dengan kiprah Mustaqim melalui PAI Award Tingkat Nasional 2023 Tahap 2 yang akan digelar besok tanggal 7 s.d. 10 Agustus 2023 di el Hotel Kelapa Gading Jakarta Utara. Tidak lupa, selamat berjuang juga untuk 6 (enam) nominasi lainnya dari Kota Surakarta, Kab. Klaten, Kab.Banjarnegara, Kab. Wonosobo dan Kab Temanggung.(Humas/YF/Sua).