Kemenag Adakan Digitalisasi Data Calon Haji

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang – Penyimpanan data secara digital dinilai penting untuk penyelamatan data negara. Utamanya data pendaftaran haji sebagai salah satu obyek pelayanan Kementerian Agama. Untuk itu, Kementerian Agama Kabupaten Rembang mengadakan digitalisasi data pendaftaran haji yang masih dalam daftar tunggu.

Pelatihan digitalisasi data ini diberikan oleh Tim Ditjen PHU Kementerian Agama RI kepada Tim Siskohat Kementerian Agama Kabupaten Rembang pada Jumat pagi (19/2/2021). Tim tersebut adalah Nurhanudin dan Ahmad Supriyatno didampingi tim Bidang PHU Kanwil Kemenag Jateng, Abdul Jalil dan Dony Aldise H.

Nurhanudin mengatakan, pendataan secata digital ini dilakukan atas data-data calon jemaah haji yang masuk dalam daftar antrian haji. Tepatnya yang mendaftar haji sejak tahun 2011. Semua data-data pendaftaran calon jemaah haji dipindai lalu diunggah di aplikasi Siskohat Gen3.

Nurhanudin mengatakan, digitalisasi data ini bertujuan untuk penyelamatan data agar aman dari hal-hal yang tidak diinginkan. “Misalkan, jika terjadi bencana alam dan data-data calon haji rusak, maka kita masih punya database yang disimpan di siskohat,” terang Nurhanudin.

Keamanan data digital ini juga terjamin, karena menggunakan server Kementerian Agama. Selain itu, dengan digitalisasi ini, data pendaftaran haji calon jemaah bisa diunggah atau diunduh sewaktu-waktu.

“Apabila ada perubahan data calon jemaah, maka perubahan data tersebut diupload dan data akan terbarukan,” jelas Nurhanudin.

Sementara itu Abdul Jalil menambahkan, proses digitalisasi data ini dilakukan di seluruh Kankamenag Kabupaten/Kota se-Indonesia. “Targetnya tahun ini sudah selesai,” tandasnya.  

Kakankemenag Kabupaten Rembang, M. Fatah mengatakan, digitalisasi dokumen pendaftaran haji ini akan mempermudah proses pencarian data jemaah haji. Karena data yang akan discan dan disimpan di aplikasi sangat banyak, pihaknya sudah mempersiapkan SDM di bidang IT, yaitu operator Siskohat. “Kita akan lakukan secara bertahap namun pasti. Karena targetnya tahun ini harus selesai,” ujarnya. — iq/qq