Kemenag Klaten Launching Kampung Moderasi Beragama

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Klaten – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten melalui Seksi Bimbingan Masyarakat Islam menggelar Launching Kampung Moderasi Beragama Binaan Penyuluh Agama di Desa Kranggan, Kecamatan Polanharjo, Rabu, (26/7/2023).

Kegiatan yang bertajuk “Kampung Moderasi Beragama sebagai Penguat Nilai-nilai Luhur Budaya dan Kearifan Lokal dalam Mengimplementasikan Cara Beragama yang Mengangkat Martabat Kemanusiaan” tersebut dibuka langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten, H. Hariyadi, S.Ag., M.S.I., didampingi Kasubbag Tata Usaha H. Riv. Rozi, S.H.I, seluruh Kasi dan Penyelenggara, Kesbangpol Kabupaten Klaten, seluruh Kepala KUA Kecamatan, Penyuluh Agama Islam, Kepala Desa yang menjadi Kampung Moderasi, hadir pula Ketua beserta Pengurus FKUB dan diikuti oleh 130 orang peserta yang terdiri dari unsur tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Di Kabupaten Klaten sebanyak 24 Desa yang sudah merintis menjadi Kampung Moderasi, dalam kesempatan ini 3 Desa yang di kukuhkan yaitu Desa Gadungan, Kecamatan Wedi, Desa Semangkak, Kecamatan Klaten Tengah dan Desa Kranggan, Kecamatan Polanharjo

Pembukaan Launching Moderasi Beragama di Kabupaten Klaten ditandai dengan pemukulan Gong oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten dan di lanjutkan dengan kirab budaya.

Kakankemenag Klaten Hariyadi menyampaikan, Program Kampung Moderasi Beragama merupakan program dari Kementerian Agama Republik Indonesia untuk membentuk sebuah kampung, desa atau Kelurahan dengan sifat toleransi umat beragama yang tinggi dan menciptakan kerukunan antar umat beragama ditengah masyarakat, yang bertujuan untuk memperkuat kehidupan masyarakat yang harmonis dalam keragaman, toleran, memperkokoh sikap beragama yang moderat berbasis desa atau kelurahan.(sm_aj/Sua)